Pendaftaran Snmptn 2015 Resmi Diluncurkan

PENDAFTARAN SNMPTN 2015 RESMI DILUNCURKAN Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Nasir pada hari Kamis (15/1) di Auditorium Lantai 2 Gedung D, Ditjen Dikti, Senayan. Dalam sambutannya, Menristekdikti menyampaikan sistem penyelenggaraan SNMPTN masih perlu dievaluasi, terlebih dengan adanya penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) dengan Kementerian Riset dan Teknologi (Kemristek). Untuk itu, Menristekdikti berharap Perguruan Tinggi Negeri (PTN) sanggup merespon kasatmata adanya perubahan tersebut . “Hal ini demi kelancaran proses pembelajaran di negeri ini sesuai dengan Undang-Undang Sisdiknas (Sistem Pendidikan Nasional-red) dan Pendidikan Tinggi” ungkapnya.

Menristekdikti juga menghimbau pelaksanaan SNMPTN 2015 semoga tidak terjadi diskriminasi kepada peserta. Baik itu penyandang disabilitas, maupun penerima yang berada di tempat terluar dan terdepan. “Semua menerima hak yang sama. Sehingga pendidikan lebih terjamin dan merata” kata Menristekdikti.

PENDAFTARAN SNMPTN 2015 RESMI DILUNCURKAN

SNMPTN 2015 menampung mahasiswa gres untuk setiap kegiatan studi (prodi) paling sedikit sebanyak 50%. Tahun ini sebanyak 63 Perguruan Tinggi Negeri mengikuti proses seleksi dengan SNMPTN. “Untuk 13 Perguruan Tinggi Negeri baru, belum sanggup ikut serta dalam SNMPTN tahun ini alasannya yakni masih dalam tahap pendampingan” ujar Rochmat Wahab selaku Ketua SNMPTN 2015 menambahkan.

 terlebih dengan adanya penggabungan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi PENDAFTARAN SNMPTN 2015 RESMI DILUNCURKAN

Persyaratan untuk calon penerima SNMPTN antara lain harus sudah berada di kelas terakhir pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK), mempunyai prestasi akademik, serta memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN. Peserta diperbolehkan menentukan maksimal dua Perguruan Tinggi Negeri dengan ketentuan jikalau menentukan dua PTN, maka salah satu Perguruan Tinggi Negeri harus berasal dari provinsi yang sama dengan asal sekolah siswa. Untuk pemilihan prodi, penerima sanggup menentukan maksimal tiga prodi dengan ketentuan satu Perguruan Tinggi Negeri maksimal dua prodi.

Untuk registrasi nantinya masing-masing sekolah dan siswa harus mengisi data terlebih dahulu melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) di lamanpdss.snmptn.ac.id yang kemudian akan perifikasi. Sedangkan untuk registrasi prodi Perguruan Tinggi Negeri melalui laman snmptn.ac.id.