Peraturan Badminton Singkat

Peraturan Bulu Tangkis Singkat  – Berbagi. Setelah sebelumnya menuliskan wacana Pertandingan – pertandingan yang penting dalam olahraga Bulu Tangkis. Pada kesempatan ini membuatkan goresan pena wacana Peraturan Bulu Tangkis. Peraturan ini diambil dari paeraturan bulutangkis PBSI dan yang berlaku secara internasional.

Peraturan Bulu Tangkis Singkat

1. Lapangan

Lapangan bulutangkis sanggup dibentuk di luar maupun di dalam ruangan. Namun, pertandingan resmi harus dilakukan di dalam ruangan, mengingat faktor cuaca yang sangat mensugesti jalannya permainan, maka lantai lapangan sanggup dibentuk dari:

a. Lantai tanah atau pasir (umumnya lapangan di luar ruangan)

b. Lantai semen atau tegel (hard court)

c. Lantai kayu (wooden courf)

d. Lantai dengan karpet sintesis (porta court)

Lapangan permainan bulutangkis berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran:

a. Panjang : 13,40 m

b. Lebar : 6,10 m

c. Lebar masing-masing garis (lines) : 0,05 m

Lapangan Bulu Tangkis

2. net / jaring

a. Panjang : 6,10 m

b. Lebar : 0,75 m

c. Tinggi :1,525 m

d. Sepanjang tepi net diberi pita yang lebarnya:0,05 m. Warna jaring gelap.

3. Tiang Net (Posts)

Tinggi tiang net 1,55 m dari lantai, dibentuk dari materi yang cukup untuk menahan tarikan tali net sampai menjadi tegang. Pemasangan harus sempurna di atas garis samping untuk double, atau kalau mustahil dan terpaksa dipasang di luarnya maka di daerah tiang net yang seharusnya berada diberi pengganti dengan pita putih (kertas, kain) atau kayu tipis tegak lurus dari pita net sampai ke lantai.

Penampang tiang lingkaran dan bergaris tengah 3,8 cm.

4. Raket

Raket merupakan alat pemukul yang sangat ringan dan kuat. Raket ada beberapa macam, ialah dari kayu seluruhnya, kepala kayu dengan batang logam, atau seluruhnya logam. Biasanya kekuatan, daya tahan serta kenyamanan dipakainya tergantung dari kualitasnya. 

Beratnya kurang dari 150 gram (tulisan Under -5 pada beberapa raket artinya kurang dari 5 ons, dimana 1 ons = 28,25 gram). Panjang 68 cm, lebar kepala 23 cm.

Jenis-jenis raket:

a. Raket yang berat di bab atas (kepala), cocok untuk pemain yang bertipe penyerang.

b. Raket yang berat di bab pegangan (handle), cocok untuk bermain rally dan tipuan.

c. Raket yang seimbang cocok untuk pemain “allround” (serba bisa).

d. Pemeliharaan raket sangat penting, ialah dengan selalu membersihkan setiap habis dipakai, sedang raket yang berkepala kayu harus dipress dan kemudian disimpan di daerah yang kering.

5. Shuttlecocks (Bola)

Shuttlecocks terdiri dari bab kepala dan bulu. Shuttlecocks yang baik memakai gabus sebagai kepalanya dan dibungkus dengan kulit yang tipis dan kuat. Bulu bebek lebih baik, lantaran sanggup mengurangi lajunya bola serta memberi keseimbangan yang lebih mantap. Yang terpenting karakteristik terbangnya sama. Plastik meskipun tahan usang tetapi kurang nyaman digunakan sampai tidak begitu populer.

Shuttlecocks berukuran:

a. Panjang bulu bola : 60-70 mm

b. Diameter gabus : 25-28 mm

c. Garis tengah ujung lingkaran bulu: 54 mm

d. Jumlah bulu : 14-16 helai

e. Berat bola : 4,73 – 5,50 gram

Demikian tentang Peraturan Bulu Tangkis Singkat, agar bermanfaat