8 Pola Augmented Reality Dalam Kampanye Promosi Perusahaan Besar Di Dunia

Teknologi dari komputer dan smartphone memang tidak pernah berhenti. Bahkan pemakaian keduanya ketika ini bukan hanya untuk alat pengolah data saja atau mengirim pesan. Namun teknologi ketika ini telah bisa membuka gagasan atau inspirasi gres guna mengubah pandangan wacana cara dalam berkomunikasi. Salah satu gagasan gres yang cukup berkembangan ketika ini yaitu augmented reality.

 
Pada dasarnya konsep ini yaitu campuran dari objek pada dunia maya dan nyata. Sifatnya cukup interaktif dengan model real time animasi 3D. Contoh augmented reality ketika ini bisa Anda temukan dalam banyak sekali macam bidang menyerupai kedokteran, militer, desain, robotika, hiburan, pendidikan, design dan beberapa bidang lainnya.

Teknologi augmented reality pada smartphone sudah banyak digunakan pada fitur navigasi misalkan saja aplikasi WikiTude pada ponsel basis Android, Nokia City Lens pada ponsel basis Windows, serta Acrossair pada iOS iPhone.

Bukan hanya itu saja, augmented reality ketika ini juga digunakan pada sejumlah video kreatif. Video yang cukup mengagumkan tersebut biasanya memakai konsep dengan tujuan menghubungkan produk atau agenda ke dalam bentuk kampanye. Berikut ini yaitu beberapa pola augmented reality dalam video kampanye yang kreatif.

1. Step Into National Geographic

Kampanye produk unik yang memakai teknologi augmented reality pertama yaitu Step Into National Geographic. Kampanye ini dilakukan oleh National Geographic pada salah satu mall di London. Semua pengunjung yang berada di mall akan diajak dan dibawa untuk bermain maupun berinteraksi di dalamnya.

Di sana mereka benar-benar mencicipi adanya kehadiran dari banyak sekali macam hewan liar lewat teknologi augmented reality menyerupai dinosaurus, maupun astronaut. Bukan hanya itu saja para pengunjung juga diajak untuk mencicipi berada di dalam sebuah angin ribut dengan petir besar. bagaimana menarik sekali bukan?

2. Lynx Fallen Angel

Contoh augmented reality pada kampanye yang kedua ini hadir sempurna di tanggal 5 Maret 2011. Para pengunjung yang hadir di London Victoria Station ini bisa melihat beberapa hal menarik menyerupai kedatangan dari sosok bidadari yang mana jatuh dari atas langit.

Augmented reality ini cukup menarik perhatian para pengunjung utamanya untuk pengunjung laki-laki. Mereka dibuat tersenyum lebar dengan kedatangan dari para bidadari tersebut.

3. LEGO Augmented Reality

Apakah Anda tahu bagaimana pihak produsen memperkenalkan isi yang ada dalam produk namun tidak perlu membuka kotak tersebut? Ya mungkin Anda memang sering melihatnya dalam banyak sekali macam iklan.
Nah hal ini lah pola augmented reality yang digunakan oleh produsen dari mainan LEGO. Mereka mengajak para konsumen untuk melihat apa yang ada di dalam kotak mainan dengan cara cukup interaktif. Teknologi AR ini mengakibatkan para pembeli bisa melihat gambar mainan lego yang sudah final dibuat atau disusun.


4. Rayban Virtual Mirror 

Siapa sih yang tidak kenal salah produsen kacamata yang cukup populer ini. Ya, produsen kacamata Rayban ini mengandalkan teknologi augmented reality untuk memperkenalkan produk yang dimiliki.
Cara kerjanya dari pola augmented reality in juga tergolong cukup unik, dimana mengenalkan wajah lewat webcam yang ada di komputer. Dan selanjutnya perusahaan ini akan memperlihatkan jenis kacamata yang direkomendasikan. Sebuah cara kreatif dan unik bukan? Anda bisa mencoba jenis kacamata tanpa jauh-jauh tiba pribadi ke toko.

5. BMW Z4 in 3D

Bukan hanya perusahaan kacamata saja, pola augmented reality juga dilakukan oleh produsen kendaraan beroda empat ternama asal Eropa yaitu BMW. Pihak BMW memanfaatkan teknologi augmented reality semoga para pengguna bisa mengambil kendaraan beroda empat BMW seri 24 dalam genggaman tangan.
Caranya juga unik yaitu dengan meletakan kendaraan beroda empat BMW pada desktop kemudian para pengguna seperti bisa mengendalikan kendaraan beroda empat melalui keyboard dan juga webcam. Mobil BMW seri 24 ini aka berputar pada sekitaran meja. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar dari kendaraan beroda empat dan membagi ke sosial media menyerupai Facebook dan Twitter.

6. Nivea Augmented Reality

Perusahaan kosmetik dan skincare pun tidak mau kalah dalam memasarkan produknya dengan dukungan teknologi augmented reality. Misalkan saja perusahaan Nivea yang sengaja menciptakan kampanye augmented reality untuk mempromosikan mengenai cara merawat dan menjaga kulit semoga bisa selalu tampak segar.
Konsep yang diusung juga cukup interaktif dan menarik, dimana promosi yang dilakukan NIVEA ini bisa menghadirkan penyanyi internasional menyerupai Rihanna dengan tampilan virtual. Sehingga, para pengguna pun menjadi lebih tertarik.

7. Ford Grand C-Max

Contoh augmented reality untuk kampanye ternyata juga dilakukan oleh perusahaan kendaraan beroda empat yang berasal dari Amerika yaitu Ford. Konsep yang disajikan bisa mengajak para pengunjung yang ketika itu ada di sentra perbelanjaan sanggup melihat banyak sekali macam fitur yang diusung dalam mobilnya.
Kampanye satu ini memang sengaja dibuat perusahaan untuk mempromosikan kendaraan beroda empat miliknya dengan seri Ford Grand C-Max. Hanya dengan menjulurkan tangan saja, para pengunjung sudah bisa berinteraksi dan juga melihat banyak sekali macam fitur yang ada di dalam kendaraan beroda empat seri Ford Grand C-Max.

8. Avatar Augmented pada Mainan Mattel

Teknologi AG Toys ini yaitu pola wacana film yang memenangkan Oscar dengan sutradara berjulukan James Cameron. Ya konsep dalam Avatar ini memang diproses dengan serius. Bahkan untuk merchandise saja, pihak film tidak segan-segan untuk menggandengkan perusahaan mainan menyerupai Mattel.

Itulah tadi 8 jenis kampanye yang dilakukan oleh banyak perusahaan ternama di dunia sebagai pola augmented reality. Penggunaan teknologi augmented reality ini intinya sengaja dimanfaatkan untuk memperkenalkan atau mempromosikan produk-produk yang dimiliki secara faktual tanpa harus memakai aslinya. Sangat menarik bukan?!
Jika anda ingin menciptakan aplikasi atau konten menyerupai itu silahkan saja hubungi Smarteye.id