Apa Bergotong-Royong Negara Federal Itu ?

Selain konsep negara kesatuan, dikenal pula konsep negara federal atau sering disebut negara serikat. Negara federal merupakan konsep yang bertolak belakang dengan negara kesatuan.
Apa sebetulnya negara federal itu?

Silahkan simak juga Konsep Negara Kesatuan

 

Pendapat Para Ahli Tentang Negara Federal

Abu Daud Busroh

Abu Daud Busroh (1990:64) menyatakan bahwa negara federasi yakni negara yang tersusun dari beberapa negara yang semula bangun sendiri dan lalu negara-negara tersebut mengadakan ikatan kolaborasi yang efektif, tetapi di samping itu negara-negara tersebut masih ingin mempunyai
wewenang-wewenang yang sanggup diurus sendiri.

Al Chaidar

Pendapat lain dikemukakan oleh Al Chaidar (2000:61) yang menyatakan bahwa negara federasi berbicara ihwal suatu negara besar yang berfungsi sebagai negara sentra dengan suatu konstitusi federal yang didalamnya terdapat sejumlah negara bab yang masing-masing mempunyai konstitusi
sendiri-sendiri.

Konstitusi federal mengatur batas-batas kewenangan pusat, sedangkan sisanya dianggap sebagai milik daerah.

Kesimpulan Pengertian Negaear Federal

Berdasarkan dua pendapat tersebut sanggup disimpulkan bahwa negara federasi yakni negara bersusunan jamak, terdiri atas beberapa negara bab yang masing-masing tidak berdaulat. Kendati negara-negara bab boleh mempunyai konstitusi sendiri, kepala negara sendiri, DPR sendiri, dan kabinet sendiri, namun yang berdaulat dalam negara federal yakni adonan negara-negara bab yang disebut negara federal.

Setiap negara bab bebas melaksanakan tindakan ke dalam, asal tak bertentangan dengan konstitusi federal. Tindakan ke luar (hubungan dengan negara lain) hanya sanggup dilakukan oleh pemerintah federal.

Demikian sedikit catatan ihwal Apa Sebenarnya Negara Federal itu, gampang – mudahan membawa manfaat.

Silahkan simak juga Keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia

 dikenal pula konsep negara federal atau sering disebut negara serikat Apa Sebenarnya Negara Federal Itu ?