Cara Mengembalikan Pengaturan Laptop Ke Tanggal Tertentu Dengan System Restore

Tips dan trik gampang mengembalikan settingan pc atau komputer windows ke waktu tertentu memakai system restore – System Restore merupakan fitur yang disediakan oleh windows dengan tujuan untuk mengembalikan pengaturan perangkat mereka ke pengaturan ditanggal tertentu. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita sebagai pengguna untuk memperbaiki settingan yang salah. Misalkan anda ditanggal 11 januari ini melaksanakan pengaturan terhadap suatu komponen laptop, namun settingan tersebut mengalami kesalahan dan anda tidak mengetahui bagaimana cara mengembalikan pengaturan tersebut. Nah, untuk memperbaikinya, maka anda sanggup mengembalikan pengaturan tersebut ke tanggal sebelum anda mengalami kegagalan tersebut, yaitu tanggal 10 atau sebelumnya. Nah, fitur untuk menjembatani hal tersebut ialah System Restore. System Restore tersebut yang akan membantu anda untuk melakukannya.

Perlu anda ketahui bahwa kalau anda melaksanakan System Restore, akan ada beberapa dampak yang akan terjadi di laptop, pc atau komputer anda. Misalkan dikala mengembalikan pengaturan ke tanggal tertentu, maka kegiatan jahat (virus atau malware) yang terhapus ditanggal tersebut akan kembali hidup sehingga anda perlu melaksanakan scanning dengan antivirus lagi untuk menghapus virus tersebut. Apakah file file anda akan terhapus? jawabannya tidak. Jika anda memiliki file yang didownload atau disalin pada tanggal 11, maka file tersebut tidak akan hilang kalau melaksanakan System Restore tersebut. Namun, untuk aplikasi, software atau kegiatan lainnya akan hilang (uninstall) sehingga anda perlu menginstallnya kembali. Nah, kalau anda sudah yakin untuk melaksanakan System Restore, maka ada baiknya anda melaksanakan tips dan trik ini. Anda sanggup melakukannya memakai system operasi windows seperi windows 10, 8/8.1, 7 hingga windows XP dan Vista dengan banyak sekali brand laptop menyerupai asus, acer, axio, lenovo, hp serta perangkat pc dan komputer lainnya. Jika anda sudah ingin tau dengan teknik dan tutorial cara kembalikan settingan pc ke tanggal tertentu, silahkan pelajari tutorial yang saya berikan dibawah ini.

Langkah pertama, yaitu anda perlu membuka dan mengakses fitur System Restore perangkat anda. Jika anda belum mengetahui cara masuk ke System Restore, maka perlunya anda pelajari dulu di artikel Cara Masuk System Restore melalui klik tautan artikel tersebut. Jika anda sudah berhasil masuk ke System Restore laptop, silahkan pilih tanggal restore yang akan anda pakai. Bisa memakai Recommended restore, akan terlihat waktu yang akan diambil, descripsi dan current time zone. Untuk melihat pengaruh atau dampak dari memakai tanggal ini, silahkan klik goresan pena Scan for affected programs. Jika anda ingin menentukan tanggal lain, silahkan pindahkan bulatan tadi, dari Recommended restore ke Choose a different restore point. Disini saya mengamblik Recommended restore kemudian klik tombol next. Confirm your restore point, silahkan klik saja tombol Finish. Akan ada pertanyaan Once started, System Restore cannot be interrupted. Do you want to continue? klik saja Yes. Akan ada preparing to your system restore (persiapan). Tunggu saja sekitar beberapa menit proses tersebut.

Laptop anda akan masuk ke mode restart. Setelah restart, proses System restore tadi mulai berjalan dengan pemberitahuan dilayar yang berbunyi : “Please wait while your Windows files and settings are being restored“. Pertama System Restore is initializing, Kedua ialah System restore is restoring the registry, ketiga ialah System restore is restoring Temporary files dan terakhir ialah System restore is complete! Artinya system restore anda telah selesai. Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar dari beberapa belas menit hingga beberapa jam, tergantung seberapa banyak pengaturan dan affected file yang di proses. Untuk masalah saya, hanya sekitaran dua puluh menitan. Jika sudah selesai, anda akan masuk ke Restart kembali. Dibeberapa kasus, anda akan dihadapkan dengan Windows Update, tapi hanya sebentar. Jika anda sudah selesai semuanya, akan ada pemberitahuan System restore completed successfully. The system has been restored to Date/Time [dd/mm/yyyy hh:mm:ss]. Your documents have not been affected yang muncul di dekstop pc anda.

Nah, silahkan anda coba pengaturan atau fitur yang tadinya tidak berfungsi tadi. Semoga berfungsi ya… Jika berfungsi, selamat! nah, segera scan laptop atau pc anda dengan antivirus semoga tidak ada virus yang ikut terbangkitkan. Jika anda rasa ditanggal tersebut tidak pernah berurusan dengan virus komputer, maka scanning tersebut tidaklah perlu. Untuk itu, hingga disini dulu pembahasan singkat saya mengenai Tips dan trik gampang mengembalikan ke pengaturan semula pc dengan system restore. Semoga artikel singkat ini sanggup bermanfaat bagi anda. Jika anda masih kurang mengerti, silahkan bertanya eksklusif di kolom komentar blog ini. Silahkan pelajari juga artikel Cara buka Group Policy Editor, Cara Kunci Kontrol Panel, Cara semoga Gambar Dekstop tidak sanggup diganti dan artikel Cara masuk ke Registry Editor melalui klik tautan artikel tersebut. Sekian pembahasan saya kali ini, semoga bermanfaat.