Cara Menyembunyikan Partisi C: (Local Disk), Data D:, E:, F:, G: Di Laptop Windows

Cara sembunyikan data local disk (C:), data D, E, F, G, …. di pc atau komputer – Mungkin disini ada yang mempunyai file file penting yang bersifat diam-diam dan tidak ingin diketahui atau diakses oleh orang lain dilaptopnya. Saya pun punya beberapa file yang bersifat diam-diam misalkan data login dari beberapa jenis situs akun. File file tersebut saya letakan dalam sebuah partisi dan balasannya saya sembunyikan disana semoga tidak ada yang sanggup membongkarnya. Atau anda yang punya file penting menyerupai foto foto kenangan atau film film ‘tertentu’ yang bersifat diam-diam dan tak ingin diketahui oleh orang lain makanya anda ingin menyembunyikan file tersebut dengan cara menyatukannya dalam satu partisi misalkan data E:. Pada perangkat laptop milik KomputerWindows.ORG, saya menawarkan nama Data Umum untuk partisi D:, Data Khusus untuk partisi E:, DVD RW Drive untuk F:, dan DATA PRIBADI untuk partisi G:.

Sebenarnya, ada berbagai cara untuk menyembunyikan file atau folder penting yang sanggup kita jadikan opsi. Misalkan saja saya menawarkan artikel mengenai Cara Sembunyi File pakai Notepad dan juga artikel Cara sembunyikan file di gambar yang merupakan teknik stenografi yang ketika ini gampang untuk dilakukan oleh pemula. Untuk teknik menyembunyikan partisi di laptop ini sanggup dilakukan disegala jenis laptop menyerupai asus, acer, axio, lenovo, hp dan lainnya asalkan bersistem operasi windows (10, 8/8.1, 7 dan XP). Saya juga telah melaksanakan atau mempraktekan sendiri tips dan trik ini dan memang sanggup bekerja dengan baik! Partisi yang ingin saya hilangkan dengan menyembunyikannya menjadi tidak terlihat, namun tidak terhapus. Anda pun sanggup melaksanakan tutorial ini dengan mudah.

Pada masalah ini, KomputerWindows.org akan mencoba menyembunyikan data G: yaitu DATA PRIBADI yang berisi file dan folder yang bersifat pribadi dan bukan untuk konsumsi umum, orang lain. Hal yang pertama kali saya lakukan ialah masuk ke Computer Management perangkat saya. Jika anda belum mengetahui cara masuk ke computer management, saya telah mempublikasikan tutorial Cara Masuk ke Computer Management dengan masuk ke tautan tersebut untuk mengetahuinya. Sekarang ini, saya anggap anda sudah masuk kebagian Computer Management. Jika sudah berhasil masuk, silahkan lanjut ke Storage > Disg Management(Local). Disana anda akan menemukan seluruh partisi yang ada di laptop sobat. Gambar full klik disini.

Mengikuti kasus, saya akan menyembunyikan DATA PRIBADI (G:) semoga tidak sanggup terlihat oleh orang orang. Adapun caranya kita arahkan dan klik sekali pada partisi tersebut kemudian klik kanan Change Driver Letter and Paths… Klik button Remove dan klik Yes pada pertanyaan Some programs that rely on drive letters might not run correctly. Are you sure you want to remove this drive letter?. Kemudian klik Yes lagi pada pertanyaan yang muncul selanjutnya. Lihat apakah DATA PRIBADI tadi masih ada (G:)-nya atau tidak. Jika sudah tidak ada, maka sekarang anda telah berhasil menyembunyikan dengan baik partisi tersebut. Selamat! sekarang tidak ada lagi orang orang yang bisa mengakses partisi tersebut yang telah anda sembunyikan. Silahkan buka folder folder dan cari DATA PRIBADI (G:) jikalau masih ada atau sudah hilang.

Jika anda ingin menampilkan kembali partisi yang disembunyikan tadi, silahkan pelajari di artikel Cara Menampilkan Partisi yang Disembunyikan melalui tautan tersebut. Disana sudah dibahas secara rinci dan singkat. Untuk itu, hingga disini dulu pembahasan saya mengenai Cara menyembunyikan partisi local disk di laptop. Jika ada langkah langkah yang tidak anda pahami, silahkan bertanya eksklusif di kolom komentar yang telah saya sediakan dibawah artikel ini. Saya akan menjawab semampu dan sepengetahuan saya. Semoga artikel cara menghilangkan partisi dan menyembunyikannya ini sanggup bermanfaat bagi anda. Sekian…