Cara Memperbaiki Windows Installer Yang Rusak

Cara gampang memperbaiki dan mengatasi windows Installer yang rusak di laptop atau pc windows 7/8/8.1 dan windows 10 – Pernahkah Anda berfikir jikalau menginstal perangkat lunak dan komponen gres ke dalam komputer ialah kegiatan yang sangat beresiko. Selama bertahun-tahun, windows sendiri telah mengambil langkah untuk melindungi sistem komputer biar tetap kondusif ketika terjadi instalasi yang buruk, tetapi semua resiko kerusakan masih mungkin terjadi. Bahkan instalasi yang jelek bisa mengakibatkan kerusakan pada windows installer itu sendiri, sehingga akan mengakibatkan windows installer tidak berfungsi ketika Anda ingin memasang perangkat lunak yang baru. Tentu Anda akan merasa jengkel apabila hal ini terjadi alasannya akan selalu mengalami kegagalan ketika melaksanakan instalasi. Lalu bagaimana pemecahan dari problem ini? Berikut ini ialah cara memperbaiki windows installer yang rusak.

1. Memperbaiki Registry Keys yang Terindikasi Corrupted Melalui Microsoft Fix It Solution Center

Dalam beberapa perkara yang sudah ada, registry key ialah salah satu problem yang menciptakan windows installer Anda rusak. Microsoft sendiri juga sudah mengatasi problem ini dengan akomodasi perbaikan secara otomatis. Anda sanggup mengunjungi Pusat Solusi Microsoft Fix it dan mempelajari perihal problem yang Anda cari. Anda sanggup mengetikkan pada kolom search dengan kata kunci “programs cannot be installed or uninstalled” tanpa tanda petik dan klik cari. Setelah Anda menemukan beberapa solusi terhadap problem tersebut dan sudah diterapkan pada komputer Anda, maka restar ulang dan coba lakukan instalasi lagi perangkat lunak.

2. Memperbaiki Pembaruan Windows dengan Microsoft Fix It Solution

Jika Anda mengalami problem khusus terhadap pembaruan windows, kunjungi Microsoft Fix Solution (sama pada poin 1) dan ketikan kata kunci pada penelusuran “Fix the problem with Microsoft Windows Update that is not working” tanpa tanda kutip. Pelajari semua problem yang bekerjasama dengan pembaruan windows untuk sanggup memecahkah problem ini.

3. Unregister dan Registrasi Ulang Windows Installer Anda

Unregister dan pendaftaran ulang windows installer ialah salah satu cara untuk membersihkan info data yang corrupted. Buka (Windows+R) dan ketikan “MSIEXE/UNREGISTER” tanpa tanda kutip ke bidang pencarian, kemudian tekan OK/Enter. Kembali (Windows+R) lagi ke bidang pencarian dan kali ini ketik “MSIEXEX/REGSERVER” tanpa tanda kutip, dan bersihkan sistem registry.

4. Melakukan Modifikasi Registry

Jika Anda masih mengalami problem dengan windows installer, Anda sanggup memebersihkan beberapa data registry pada sistem yang mungkin penyebab dari rusaknya windows installer. Namun Anda harus berhati-hati, alasannya memodifikasi pengaturan registry yang tidak benar sanggup menciptakan komputer Anda tidak sanggup dipakai lagi. Sebelum melaksanakan ini, sebaiknya Anda menciptakan cadangan file untuk pemulihan sistem. Setelah semuanya siap, tekan tombol (Windows+R) dan ketik “regedit” tanpa tanda petik di kolom pencarian. Klik “Ya/OK” jikalau windows meminta izin Anda untuk melaksanakan perubahan registry editor pada komputer Anda.

Selanjutnya navigasikan ke direktori berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionInstaller Kemudian arahkan kesini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftUpdates. Klik pada folder “Update” → Klik dua kali pada tombol “UpdateExeVolatile” disisi kanan jendela→ masukan data sebagai “0” tanpa tanda kutip→ Klik OK. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Apabila cara diatas tidak berhasil, atau jikalau “UpdateExeVolatile Key” tidak ada, maka jangan terlalu dikhawatirkan alasannya “UpdateExeVolatile Key” berkaitan dengan instalasi perangkat lunak.

Selanjutnya Anda bisa menuju navigasi  berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESystemCurrentControlSetControlSession Manager, Klik kanan pada tombol “PendingRenameOperations” disisi kanan jendela→ klik “Delete” dari sajian dropdown→ kemudian konfirmasi “OK” ketika diminta. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Dan apabila cara diatas tidak berhasil, atau jikalau “PendingRenameOperations Key” tidak ada, maka jangan terlalu dikhawatirkan alasannya “PendingRenameOperations Key” berkaitan dengan instalasi perangkat lunak.

Selanjutnya Anda bisa menuju navigasi  berikut ini: HKEY_LOCAL_MACHINESoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionInstaller. Klik pada folder installer→ klik kanan tombol “InProgress” disisi kanan jendela→ klik “Delete” dari sajian drop down→ kemudian konfirmasi “OK” ketika diminta. Restart komputer Anda dan coba lakukan pemasangan kembali untuk mengeceknya. Jika semua solusi diatas tidak kuat terhadap perbaikan windows installer Anda, Maka restore kembali Komputer Anda melalui back up data yang dilakukan pada awal tutorial ini.

Langkah terakhir mungkin melaksanakan instal ulang terhadap komputer Anda atau Anda sanggup memanggil teknisi komputer yang sudah bisa mengatasi problem tersebut. Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki Windows Installer yang Rusak. Semoga Artikel ini sanggup membantu Anda memecahkah problem yang sedang Anda temui terhadap windows installer. Terimakasih 🙂