Cara Buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu Di Laptop Windows

Cara Buat Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows – Ubuntu merupakan sistem operasi yang berasal dari linux yang opensource. Opensource disini yaitu sistem operasinya dibagikan secara gratis kepada orang orang yang ingin memakai sistem operasinya. Berbeda dengan windows yang memakai lisensi berbayar. Jika anda ingin mengistall ubuntu linux di komputer atau laptop anda, caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mendownload sistem operasinya pribadi di website resmi ubuntu yaitu ubuntu.com dan menentukan versi yang anda inginkan. Untuk penginstallannya pun sangat mudah, tidak lebih sulit dari menginstall windows. Nantinya file format yang akan anda download tersebut yaitu berbentuk ISO yang artinya masih anda harus burn terlebih dahulu ke DVD atau dibentuk installernya pada USB Flash disk yang anda punya.

Ketika menciptakan installernya di usb flashdisk, anda harus mempersiapkan beberapa software kecil. Pada kesempatan ini kita akan menciptakan bootable installer di flashdisk dengan memakai tool yang berjulukan Rufus. Menginstall ubuntu sangatlah mudah, tinggal anda ikuti saja wizardnya yang sangat gampang dimengerti. Akan ada pilihan kalau anda mau mencoba terlebih dahulu tanpa menginstallnya atau pribadi menginstall ke harddisk. Juga pada ubuntu yang nantinya akan anda install sudah ada aplikasi standar ibarat office, browser, utility, file manager dan sebagainya. Untuk aplikasi lainnya, sanggup anda install pada sajian Ubuntu Software. Dibawah ini tahap tahap menciptakan installer ubuntu pada USB Flashdisk.

Hal yang pertama anda persiapkan yaitu USBnya tentu saja dengan ukuran minimal 2GB, cukup kecil alasannya yaitu nantinya kita akan mendowload ubuntunya dengan ukuran diatas 1GB. Tempat download ubuntu pribadi ke situs resminya yaitu ubuntu.com. Jika sudah, persiapkan lagi software Rufusnya yang sanggup pribadi di download dari situs https://rufus.akeo.ie. Ukuran softwarenya dibawah 1MB dan saran aku download Rufus yang portable alasannya yaitu sudah tidak perlu install lagi. Pada ketika menulis artikel ini, versi terbaru dari rufus yaitu Rufus 2.18 yang berukuran 945KB yang diperbaharui pada tanggal 07 November 2017. Gunakan yang berbahasa Indonesia.

Silahkan anda Aktifkan koneksi internet, colokan flashdisk dilaptop atau komputer teman kemudian jalankan rufusnya. Pada hukum dari rufus, kita pilih perangkat kemudian ‘Skema partisi dan tipe sasaran sistem‘ : MBR bagan partisi untuk BIOS atau UEFI; ‘Sistem File‘ : FAT32 Standar; ‘Ukuran Cluster‘ : 8192 bit (Standar); Masukan ‘label gres volume‘; ceklist pada ‘Format Cepat‘, ‘Buat bootable disk dengan menggunakan‘ : ISO Image dan cari lokasi file ISO Ubuntu yang sebelumnya sudah di download. Beri centang juga pada ‘Membuat icon dan memperpanjang label‘. Jika dirasa sudah lengkap, silahkan klik tombol Star untuk memulai proses. Silahkan tunggu hingga selesai. Ingat, untuk memakai flashdisk intaller, boot order yang ada di BIOS Laptop atau komputernya harus di set, USB Flashdisk prioritynya (Prioritas USB Flashdisk) paling atas atau pertama.

Untuk menciptakan Intaller di Ubuntu dengan memakai Flashdisk ini sanggup anda coba diberbagai jenis laptop dan komputer anda. Sekian Cara gampang menciptakan Bootable Flashdisk Installer Ubuntu di Laptop Windows, biar sanggup bermanfaat bagi anda.