Cara Memperbaiki Lcd Laptop Bergaris Warna Warni Yang Rusak

cara memperbaiki lcd laptop yang rusak – Banyak sekali permasalahan yang sering kita jumpai pada perangkat kita baik itu laptop, pc atau komputer. Apalagi permasalahan menyerupai kerusakan pada lcd perangkat laptop. Hal ini sanggup menciptakan kita putus asa apalagi lcd ini sangat berkhasiat dan mempunyai peranan yang cukup penting bagi penggunaan sebuah perangkat. Jika LCD sudah rusak, maka kita sudah tidak sanggup lagi melihat dengan baik apa yang ditampilkan oleh monitor laptop teman sehingganya kita harus berilmu pintar merawat lcd laptop. Bukan hanya lcdnya saja melainkan segala komponen yang ada pada laptop atau komputer anda tersebut.

Permasalahan kerusakan yang sering terjadi pada laptop anda biasanya yaitu lcd yang bergaris garis dan berwarna warni. Hal ini tentunya sangat menjengkelkan bagi kita apalagi laptop tersebut digunakan untuk hal hal yang sangat penting. Nah, disini saya akan membantu anda dengan menawarkan artikel mengenai cara memperbaiki lcd laptop bergaris warna warni. Saya akan menawarkan beberapa tips untuk mengatasi laptop berwarna warni lcdnya tersebut sehingga anda sanggup mencoba satu per satu tips dan saran yang saya berikan ini biar hasil yang didapatkan sanggup maksimal. Untuk itu, silahkan anda baca artikel mengenai Cara mengatasi layar lcd laptop berwarna warni dibawah ini dengan seksama.

1. Pixel Repairer
Penyebab yang sering terjadi dan menciptakan lcd laptop berwarna warni menyerupai bergaris lurus dengan warna hitam atau putih dan tidak bergerak kadang-kadang disebabkan oleh adanya Dead Pixel yang disebabkan oleh kerusakan bawaan pada panel screen saat laptop tersebut dibeli. Atau juga biasa diakibatkan oleh ketidaksengajaan laptop tertekan dengan sangat keras. Nah, Pixel Repairer ini merupakan software untuk sistem operasi windows dimana digunakan untuk mendeteksi kerusakan Dead Pixel tersebut dan juga melaksanakan perbaikan terhadap dilema dead pixel.

Adapun cara untuk mengatasi lcd laptop bergaris yang kena Dead Pixel yaitu dengan mencari tahu apakah lcd anda kena Dead Pixel yaitu dengan menginstall terlebih dahulu Pixel Repairer di laptop sobat. Jika sudah di install, silahkan buka software tersebut hingga muncul kotak Pixel Repairer, pilih hidangan Ratern dan setujui warna yang diinginkan dengan klik Enable. Perhatikan dengan seksama pada monitor apakah terdapat patern hitam atau seluruh layar laptop berwarna hitam maka laptop anda dalam keadaan baik baik saja. Namun jikalau kami melihat adanya titik selain warna hitam maka sudah dipastikan lcd laptop kau terkena Dead Pixel.

Nah, untuk mengatasi dead pixel yang telah terdeteksi tersebut yaitu dengan memakai kembali Pixel Repairer tadi. Silahkan jalankan kembali software tadi lalu klik ikon Repair. Untuk langkah selanjutnya, anda klik Add untuk menambahkan dan mengatur wilayah perbaikan yang terkena Dead Pixel. Drag kotak repair ke wilayah yang terkena tersebut. Silahkan anda gunakan salah satu mode konfigurasi repair. Pada kepingan Size atau ukuran, silahkan pilih ukuran yang meliputi wilayah dead pixel tersebut berada. Sedangkan untuk kepingan frekuensi, secara default akan berisi 60Hz jikalau anda tidak mengubahnya. Software akan menjalankan perbaikan terhadap dead pixel tersebut secara otomatis sehingga anda tinggal menunggu perbaikan tersebut.

2. Kabel Fleksibel
Hal yang menjadi akhir dari layar laptop bergaris garis warna biasanya ditandai dengan kabel fleksibel yang tidak terpasang dengan baik. Untuk mengatasi kabel fleksibel tersebut, silahkan periksa kabelnya apakah sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika tidak, silahkan pasang dengan baik dan kencangkan biar tidak hingga longgar. Kabel fleksibel tersebut yaitu kabel penghubung antara layar laptop dan Motherboard sehingga sangat penting untuk diperhatikan juga. Namun jikalau tetap terjadi kerusakan bergaris pada layar laptop, silahkan bawah ke service atau ikuti cara lain.

3. Driver VGA
Hal yang biasa sanggup mengakibatkan layar lcd laptop bergaris garis yaitu biasanya terjadi ketidaksesuaian antara driver VGA yang usang dengan aktivitas yang gres sehingga untuk mengatasi hal demikian, anda haruslah mengupdate atau memperbaharui Driver VGA tersebut yang sudah disediakan oleh vendor resmi VGA laptop anda. Anda sanggup mendownload VGA versi terupdate tersebut ke laptop atau komputer teman lalu menginstallnya kembali ke laptop tersebut. Hal ini berfungsi untuk menyesuaikan vga usang yang tidak singkron tersebut menjadi singkron dengan aktivitas yang ada dilaptop.

4. VGA, RAM dan Harddisk
Untuk langkah terakhir mengenai cara memperbaiki lcd laptop bergaris yaitu dengan menyelidiki satu persatu komponen yang penting di laptop teman dimulai dari RAM. Bersihkan secara hati hati RAM laptop teman dengan membersihkan pin pin memakai penghapus lalu pasangkan kembali dengan benar. Apabila RAM anda mempunyai dua slot, coba pindahkan ke slot satunya. Namun jikalau tetap tidak berefek, silahkan gunakan RAM gres atau gunakan RAM lain. Jika RAM lain tersebut sanggup mengatasi layar bergaris garis itu, berarti sanggup dipastikan bahwa kerusakan tersebut diakibatkan oleh faktor RAM yang telah rusak. Belilah RAM yang gres lalu pasangkan ke laptop anda itu.

Apabila garis garis tetap muncul sesudah memakai RAM lain, silahkan anda periksa pada kepingan VGA atau kartu grafisnya. Lepas sejenak VGA laptop anda lalu bersihkan komponen tersebut dari abu dan lainnya dengan higienis lalu pasangkan kembali menyerupai semula. Namun perlu anda ketahui bahwa VGA yang onboard tidak sanggup dilakukan investigasi sehingga silahkan anda periksa komponen yang lain. Silahkan coba periksa komponen Harddisk dengan membersihkannya lalu mengganti kabel harddisk atau mencoba memasangkan dengan harddisk lain untuk menguji coba apakah kesalahannya ada pada harddisk.

Jika ke empat cara memperbaiki lcd laptop tersebut tidak berfungsi, silahkan anda bawa laptop anda ke service resmi terdekat biar lebih aman. Perlu anda ketahui bahwa keempat trik ini sanggup digunakan pada hampir semua sistem operasi menyerupai Windows (Windows XP, Windows 7, 8/8.1 dan Windows 10), Linux, MAC dan lain sebagainya. Kecuali pada trik yang ada pada nomor satu. Untuk itu, hingga disini dulu pembahasan saya mengenai tips memperbaiki laptop yang lcdnya bergaris warna warni, semoga sanggup membantu bagi anda. Sekian…