Apa Itu Cmd, Fungsi Cmd Dan Cara Membuka Cmd Atau Command Prompt Di Pc/Laptop Dan Komputer Windows

Membuka CMD di Laptop – Seperti yang kita ketahui, sebetulnya cmd atau command prompt ialah sebuah software bawaan semenjak komputer dan laptop anda dibeli pertama kali dari pabriknya. Command Prompt ini sangat powerfull dan mempunyai aneka macam kegunaan di beberapa bidang sekaligus baik itu jaringan, file/folder, hingga pada sistem. Namun sebelum kita melangkah terlebih dahulu kepada cara membuka cmd, kita harus mengenal apa itu cmd.

CMD atau Command Prompt ialah sebuah perintah DOS yang ada di windows dan sanggup kita gunakan baik secara online (terkoneksi dengan internet) maupun offline (tidak terkoneksi dengan internet). CMD kini tersedia pada semua sistem yang berbasis Windows NT menyerupai Windows 2000, Windows 2003/2008/2012, Windows XP, Windows Vista, dan Windows 7/8/8.1/10. sedangkan pada windows 95 dan 98 baris perintahnya disebut dengan command.com.

CMD ini menyerupai yang saya katakan kepada anda diatas tadi memilik bermacam-macam fungsi yang powerfull. Seperti pada jaringan yaitu jaringan LAN di WiFi, kita sanggup mempercepat kecepatan koneksi internet kita sekaligus memperlambat koneksi orang. Kita juga sanggup menyerang sebuah website untuk di down servernya dengan CMD, atau sanggup kita gunakan untuk melihat alamat IP kita dan hebatnya kita sanggup mengakses ftp sebuah website melalui cmd ini.

Sedangkan cmd jikalau tidak terkoneksi dengan internet, sanggup kita lakukan untuk melaksanakan banyak juga tugas, misalkan saja mengatur time/waktu si komputer untuk shutdown atau restart, melihat directori, rename file/folder, penggabungan file, hapus file yang tidak sanggup di hapus, bahkan kiprah berat menyerupai pengaturan pada aplikasi dan system. Namun ketika ini, saya hanya memperlihatkan anda cara mengakses cmdnya saja, kita belum melompat ke trik dan teknik yang saya sebutkan diatas. Dan beberapa sudah saya posting caranya dengan melihat pada postingan Trik CMD.

Lalu bagaimana untuk membuka cmd? Ada beberapa cara yang sanggup kita lakukan, misalkan saja di windows 7 yang biasanya di dekstop sudah terlihat command promptnya yang sanggup kita buka. atau sanggup kita cari di All Programs dan memakai fitur kotak search di windows 8/8.1 dan windows 10. dan cara yang paling umum ialah kita tinggal menekan tombol Windows (gambar jendela samping kiri spasi) dan R secara bersamaan sehingga muncul kota run disebelah kiri bawah layar monitor. silahkan ketik cmd kemudian enter, maka command promptnya otomatis terbuka.

Dibeberapa windows, misalkan saja pada windows 8.1 pegangan saya, ada aplikasi/software yang mempunyai fungsi dan kiprah yang sama dengan cmd. Adapun software yang menyerupai cmd itu namanya ialah Windows PowerShell yang sanggup kita kanal eksklusif melalui All Programs atau Apps di monitor pc kita. Kalau dibuka, PowerShell ini pun menyerupai dengan CMD. bedanya hanyalah warna default bacgroundnya yang berwarna agak biru cerah. Dan berdasarkan informasi yang saya baca, PowerShell ini lebih powerfull lagi dari cmd ini.

Makara cukup hingga disini dulu pembahasan saya mengenai CMD dan cara membukanya ini, agar artikel ini sanggup membantu anda. Dan untuk trik trik mengenai cmd, anda sanggup eksklusif mengunjungi artikel di Trik CMD. sekian….