Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset

– Backup Data Android. Backup data, file dan Aplikasi yang sudah terinstall di Android sebelum factory reset bekerjsama sangat mudah. Tetapi akan berbeda dongeng jikalau Anda yakni pengguna gres Smartphone dan Tablet Adroid yang belum mengetahui niscaya cara tersebut atau masih belum yakin dengan cara yang sudah Anda ketahui. Tidak terbatas, untuk melaksanakan backup data pada Android dapat dilakukan pada produk dari Samsung, Sony Xperia, LG, Lenovo, Oppo, Asus Zenfone, Smartfren Andromax, Advan dan produk lainnya.
Factory reset terhadap Smartphone dan Tablet Android dilakukan jikalau ternya Android kita sudah tidak lagi secepat dahulu, sering terjadi error, boros baterai, susah membuka aplikasi atau alasannya yakni ingin menghapus akun google yang sudah ada secara keseluruhan dengan akun google baru.
Kenapa data Android harus di backup sebelum factory reset? Tentu saja tujuan utamanya yakni untuk mengembalikan atau restore ulang data, aplikasi, pengaturan yang sebelumnya pernah kita lakukan. Bukankah untuk melaksanakan kostumisasi tersebut memakan waktu? Untuk itulah kita butuh backup untuk mengembalikannya biar waktu yang telah kita habiskan sebelumnya tidak terbuang percuma. Dengan kata lain biar kita dapat menerapkan kembali sehabis Android tersebut berhasil di factory reset.

2 Cara Backup Data Android Sebelum Di Root atau Factory Reset

Saya akan beramsusi bahwa diantara anda mungkin ada yang ingin membackup data Android sebelum di factory reset dan di root. Karena pada initinya cara yang akan saya jelaskan sama saja untuk kedua tujuan tersebut. Dan mohon dicatat bahwa kedua cara ini dilakukan untuk Android yang belum di root.

 file dan Aplikasi yang sudah terinstall di Android sebelum factory reset bekerjsama sanga Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset

  1. Backup data Android dengan memakai akun google.
    Ini merupakan fitur yang tersedia disemua versi Android baik itu Android ICS, Jelly Bean, Kitkat maupun Lollipop. Akun google yang dikala ini dipakai pada Smartphone dan tablet Android akan menyimpan data terhadap aplikasi apa saja yang telah terinstall. Dan jikalau sehabis kita melaksanakan factory reset kemudian log in kembali dengan akun yang sama maka akan secara otomatis Folder dan Aplikasi tersebut terinstall ulang. Untuk backup data dengan memakai akun google caranya Tap Settings > Accounts > pilih Google account > kemudian centang semua yang ingin disinkronkan. Tunggu beberapa menit hingga semua data kita berhasil diupload ke server Google. Setelah itu tap Settings > Backup & reset > kemudian centang Back up my data dan Automatic restore.
  2. Backup data Android dengan memakai aplikasi Helium.
    Aplikasi luar biasa ini akan membackup data, file, pengaturan, hinga data game dan data aplikasi yang sudah ada tanpa harus melaksanakan root. Caranya
    • Pasang Helium dari play store di Smartphone dan Tablet Android yang ingin dibackup.
    • Download dan Install Helium untuk PC.
    • Aktifkan mode USB Debugging di Android.
    • Koneksikan Android ke PC dengan memakai kabel USB.
    • Jalankan Helium yang sudah terinstall di PC.
    • Pada layar Android akan muncul “Allow USB debugging?” kemudian munsul RSA key, tap OK.
    • Selanjutnya akan ada keterangan “Helium has been enabled on your Android” yang artinya proses backup siap dimulai dan ikuti saja perintahnya.

Baca juga :

Sebagai tips tambahan, cabut memori eksternal sebelum melaksanakan factory reset. Setelah Anda berhasil melaksanakan factory reset, log in kembali dengan akun yang sama jikalau mengikuti cara ke satu. Itulah cara mudah backup data dan aplikasi Android sebelum factory reset terhadap Smartphjone dan Tablet.