10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

dlishdessert.com – Inilah cara – cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi. Dengan komunitas yang aktif, Xiaomi menyediakan banyak sekali tips dan trik untuk menjadikan MIUI-nya pengalaman yang lebih lancar bagi setiap pengguna. Kali ini, kami mendapat 10 trik untuk membebaskan penyimpanan pada perangkat Xiaomi mu. Dengan trik ini, kau sanggup menghilangkan peringatan ruang penyimpanan yang habis.

Sementara MIUI sendiri hadir dengan aplikasi terintegrasi untuk membersihkan dan mengelola penyimpanan, kau sanggup secara manual melaksanakan beberapa hal lain untuk membersihkannya secara mendalam. Cara – cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi ini ada yang tiba pribadi dari komunitas MIUI, jadi metode – metode ini niscaya akan bekerja untuk perangkat Xiaomi mu. Cekidot !

 cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi 10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

1. Membersihkan Cache

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  ini juga bekerja untuk semua smartphone Android, alasannya cache yaitu sesuatu yang memakan banyak ruang dan membutuhkan pencucian manual dalam banyak kasus. Dengan membersihkannya, kau tidak akan kehilangan data apa pun dalam dan sanggup menghemat banyak memori dengan melakukannya. Berikut yaitu langkah-langkah untuk menghapus cache, buka Pengaturan > Penyimpanan > Data dalam cache. Setelah kau mengklik data cache, pop-up akan muncul dan meminta mu untuk menghapusnya. Konfirmasikan dan cache akan dihapus.

2. Cleaner App

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya yaitu dengan memakai derma dari Cleaner App. Perangkat Xiaomi mu mempunyai aplikasi khusus dari Xiaomi untuk menyingkirkan file dan data yang tidak perlu di perangkat. Aplikasi Cleaner hadir terintegrasi sebagai bab dari aplikasi Keamanan dan memungkinkan mu menghapus file yang tidak menjadikan hilangnya data. Untuk memakai aplikasi tersebut, kau hanya perlu membuka aplikasi tersebut untuk kemudian mengikuti petunjuknya dengan gampang hingga selesai.

3. Pembersih ruang penyimpanan

Langsung saja ke langkah – langkah cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi yang satu ini, buka opsi Keamanan > Pembersih. Dari sini, kau akan melihat tombol ‘bersihkan‘ di bab bawah layar. Tombol ini juga memberitahukan berapa banyak file yang tidak perlu ada di setiap aplikasi. Dengan satu klik pada tombol, kau sanggup menghapus file-file yang tidak mempunyai kegunaan ini dan membebaskan penyimpanan pada perangkat Xiaomi mu.

4. Deep Clean memakai Cleaner

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan Cleaner atau aplikasi pembersih. Jika perangkat Xiaomi mu mempunyai beberapa aplikasi yang tidak dipakai dan hanya menghabiskan penyimpanan, kau sanggup memakai cara ini untuk membersihkannya. Cukup buka Keamanan > Pembersih. Di sini kau akan melihat tombol Deep Clean di sisi kanan atas layar. Silahkan klik untuk melihat aplikasi yang jarang kau gunakan kemudian klik ‘Hapus Sekarang’ aplikasi yang kau pilih akan dihapus dari perangkat Xiaomi mu. Cara ini niscaya akan menghasilkan lebih banyak ruang kosong di ponsel mu.

5. Menggunakan Mi Cloud

 cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi 10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan Mi Cloud. Kita semua tahu bahwa Mi Cloud yaitu ruang penyimpanan cloud yang kau dapatkan dengan smartphone Xiaomi mu. Dengan memakai Mi Cloud ini, kau sanggup menyimpan semua foto dan video d perangkat kei cloud, mencegahnya mengisi ruang penyimpanan di ponsel Xiaomi mu tentunya. Untuk memindahkannya, silahkan buka Foto dan klik sajian tiga titik di sisi kanan atas layar. Masuk ke pengaturan dan atur mode cadangan dan ketersediaan offline pilihan mu. Dengan cara ini, foto dan video sanggup tetap kondusif di cloud sementara penyimpanan ponsel mu tidak penuh.

6. Menggunakan Kartu microSD

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi selanjutnya yaitu dengan memakai kartu SD. Penyimpanan internal sanggup menjadi duduk kasus terutama pada perangkat entry-level. Namun, ponsel Xiaomi dilengkapi dengan slot kartu microSD yang sebagian besar berfungsi sebagai slot SIM kedua. Jika kau tidak memakai Dual SIM pada ponsel Xiaomi mu, maka kau sanggup memakai kartu microSD pada perangkat untuk memperbesar kapasitas penyimpanan. Kamu juga sanggup mengaturnya sebagai penyimpanan default untuk video dan foto, tindakan ini sanggup membebaskan penyimpanan internal. Kamu juga sanggup memindahkan konten media dari WhatsApp, secara manual ke kartu SD.

7. Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Sering Digunakan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang tidak sering kau gunakan. Coba periksa perangkat Xiaomi mu, dan pilih lah aplikasi – aplikasi yang tidak sering kau gunakan. Setelah itu klik dan tahan satu aplikasi di layar beranda, dikala ikon aplikasi mulai bergoyang klik ikon X pada aplikasi yang ingin kau hapus, kemudian klik OK di bab konfirmasi. Aplikasi dan semua file data lainnya juga akan ikut dihapus. Klik tombol Rumah atau Home sehabis selesai.

8. Hapus File di Aplikasi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  selanjutnya yaitu dengan menghapus file – file di aplikasi. Jadi, tinggal buka aplikasi Pengaturan, klik Umum kemudian klik Penggunaan. Di layar Penggunaan, klik Kelola Penyimpanan dan tunggu beberapa detik hingga daftar aplikasi dan penggunaan penyimpanannya muncul. Jika kau melihat sebuah ikon di sebelah kanan nama aplikasi, kau sanggup menghapus file-nya. Klik ikon tersebut untuk menunjukkan file-file itu. Klik Edit di kanan atas, kemudian klik ikon Hapus bulat merah dengan tanda minus di dalamnya untuk setiap file yang ingin kau hapus, terakhir klik Selesai. Ingat ya, jikalau file tersebut cukup penting, sebelum menghapusnya kau sanggup mencadangkannya terlebih dahulu.

9. Hapus Riwayat Perpesanan

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi selanjutnya yaitu dengan menghapus riwayat perpesanan di perangkat mu, entah itu perpesanan online atau offline. Perpesanan sanggup memakan banyak sekali ruang penyimpanan alasannya secara default, aplikasi perpesanan menyimpan semua Pesan selamanya yang meliputi teks, video, foto, file, dan lainnya. Teksnya sendiri sangat kecil, tetapi dengan menyimpan semua foto dan video yang dilampirkan bahkan pada percakapan usang yang belum kau lihat selama berbulan-bulan sanggup menghabiskan banyak ruang. So silahkan hapus pesan – pesan usang itu.
Baca juga:
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi
10 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

10. Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD

 cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi 10 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Penuh Xiaomi

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi  pertama yaitu dengan memindahlan beberapa aplikasi ke kartu SD. Silahkan pilih aplikasi – aplikasi yang tidak terlalu krusial dan masih sanggup bekerja baik meski disimpan di kartu SD dan tentu saja sanggup dipindahkan. Setelah aplikasi ditentukan, silahkan pindahkan ke kartu SD yang lebih luas, dengan begitu penyimpanan internal yang sebelumnya penuh sanggup bernafas lega sekarang.

Demikianlah cara – cara mengatasi ruang penyimpanan penuh Xiaomi yang sanggup kau coba lakukan. Fyi gengs ! cara yang terakhir itu bersama-sama kurang kami sarankan, alasannya dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD, kemungkinan akan merusak memori eksternal jikalau penggunaan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga sanggup menjadikan hilangnya data-data penting aplikasi yang terpasang di kartu SD. Selamat puasa !