10 Cara Cek Kerusakan Hp Xiaomi Semua Model

dlishdessert.com – Inilah cara – cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model. Ada kalanya kau harus mengetahui apakah HP Xiaomi mu berfungsi dengan baik atau mungkin ada software maupun hardware yang tidak berfungsi. Apalagi jikalau HP Xiaomi mu gres saja secara tidak sengaja terjatuh ke tanah atau terkena tumpahan air atau saat kau akan membeli Xiaomi second, tentu kau harus memastikan kondisinya yakan…

Nah, jikalau benar kau ingin mengetahui kondisi HP Xiaomi mu itu tapi kau tidak tau caranya, maka kami telah membuka panduan yang tepat. Jadi, disini kau akan mempelajari banyak sekali cara untuk mengetahui apabila ada kerusakan pada HP Xiaomi mu sendiri, yups ! gak perlu dibawa ke tukang reparasi dulu. Langsung saja, inilah cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model.

 cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model 10 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

1. Settings

Cara mengecek kerusakan HP yang pertama ini sanggup jadi cara cek HP Xiaomi Redmi 3 dan juga tipe lainnya. Kamu sanggup mengecek kondisinya lewat sajian Settings atau Pengaturan, kemudian klik ‘Tentang ponsel’ dan ketuk empat kali pada Versi Kernel. Kamu akan mendapat prompt bahwa kau memasuki area ‘CIT’. Setelah berada di zona ‘CIT’ atau pengujian, kau sanggup mulai menguji area perangkat keras yang sempurna yang ingin kau periksa fungsinya.

Jika kau mulai dari awal, setiap tes akan membawa kau ke tes berikutnya hingga selesai. Jika ada kesalahan di area tersebut, kau sanggup melihat bahwa perangkat akan menandainya sebagai kesalahan atau kerusakan. Setelah pengujian lengkap, kau sanggup menyimpan kesannya atau mengirimkannya ke tim Xiaomi Dev untuk dianalisis atau sebagai laporan bug.

2. Fisik HP

Dengan mengecek fisik atau body HP, sanggup menjadi cara cek HP Xiaomi 4x dan tipe lainnya juga. Cara ini merupakan cara paling simple dan sanggup dilakukan oleh semua orang. So, saat mungkin kau akan membeli HP Xiaomi second, kau harus mengusut setiap bab luar maupun dalam body-nya dengan seksama. Meski kerusakan pada body luar tidak banyak yang menghiraukan, tapi kerusakan itu berpotensi menyebar ke bab lain HP. Sebagai acuan, kami akan memberitau mu bab mana saja yang wajib kau periksa.

Pertama bab LCD, pastikan bab ini mulus dan touchscreennya masih normal atau responsive. Kedua, Body HP harus bebas dari retak atau pecah, jikalau ada lecet itu masih wajar. Ketiga tombol keras HP (jika ada), bab ini juga harus normal saat ditekan, tidak terlalu keras atau hampir copot. Terakhir ialah bab kamera, kau harus memastikan lensa kamera tidak ada lecet, ataupun retak.

3. Jaringan

Cara untuk mengecek kerusakan pada Xiaomi ini, sanggup menjadi cara cek HP Xiaomi 4a juga Xiaomi tipe lainnya. Kamu sanggup mengecek jaringan dengan cara manual atau langsung, untuk mengeceknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan yaitu kartu SIM, Wifi, sinyal dan IMEI. Kamu harus memastikan kedua slot kartu SIM masih terbaca, memastikan Wifi masih sanggup digunakan dengan menyambungkannya ke hotspot dari HP lain.

Dan kau juga harus memastikan sinyal pada HP muncul, stabil dan tidak lemah. Yang terakhir, kau harus mengusut nomor IMEI-nya, nomor tersebut harus terbaca dengan baik. Sebagai tambahan, kau sanggup mengecek jaringan dengan menjalankan browser, melaksanakan panggilan telepon atau mengirim SMS.

4. Mode Engineering

Selanjutnya ialah cara cek HP Xiaomi 5a dan cara cek Xiaomi tipe lainnya. Setelah kau mengcek body luar Xiaomi, selanjutnya kau harus mengecek HP dengan mode Engineering. Dengan metode Enginering ini, kau sanggup mengecek hardware HP Xioami mu. Caranya, buka Dial Pad kemudian masukkan instruksi *#*#64663#*#* tanpa menekan tombol panggil. Setelah itu sajian Engineering akan muncul dengan banyak pilihan hardware – hardware yang sanggup dicek.

Kamu sanggup menentukan semuanya untuk dicek jikalau mau, tapi kami sarankan untuk menentukan yang penting – penting saja, menyerupai Keypad (Tombol Power, Volume Up, Volume Down, Menu, Home dan Back), Backlight layar, LCD, Touchpal (Touchscreen), Led Indicator, Battery, Bluetooth, GPS, Speaker, Proxymity Sensor, Gyro Sensor, MiuiMainCamera, dan terakhir headset.

5. Multimeter (AVOMeter)

 cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model 10 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara berikutnya ialah dengan memakai multimeter (AVOMeter), dengan menggunakan  AVOMeter ini sanggup menjadi cara cek HP Xiaomi Note 4 juga Xiaomi tipe lainnya. Makara AVOMeter atau Amphere Volt Ohm Meter ini berfungsi untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan kendala pada listrik. Nah, jikalau HP Xiaomi mu tidak mennyala alasannya ialah kemasukan air, mati total alasannya ialah di charger terlalu lama, mati syok sehabis jatuh/terbentur, atau tiba-tiba mati begitu saja, pengecekan dengan AVOMeter ini ialah yang paling benar.

Caranya atur AVOMeter ke 10 volt, kemudian hubungkan kutub faktual pada AVOMeter dengan kutub faktual pada baterai, dan kutub negatif pada AVOMeter dengan kutub negatif pada baterai. Perhatikanlah jarum pada AVOMeter, itu harus mengatakan minimal 3,7 volt alasannya ialah voltage standar baterai HP Xiaomi ialah 3,7 volt. Jika voltage kurang dari 3,7 volt maka kau harus mengejutkan fatwa listrik pada baterai memakai Power Suplay, sehabis itu coba nyalakan HP lagi. Selanjutnya untuk mengcek konektor baterai dengan AVOMeter, kau harus mengaturnya pada Ohm-Meter X1.

Setelah itu hubungkan kabel warna merah (+) AVOMeter ke konektor baterai kutub faktual (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) AVOMeter ke konektor kutub negatif (-). Kamu harus memastikan jarum bergerak naik, jikalau jarum tidak bergerak artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt. Setelah itu cek lagi dengan cara membalik posisi kabel, kabel warna merah (+) AVOMeter ke konektor baterai negatif (-) dan kabel warna hitam (-) AVOMeter ke konekor baterai faktual (+). Pastikan jarum tidak bergerak, jikalau jarum bergerak naik tinggi itu artinya ada komponen HP Xiaomi mu yang rusak, silahkan lakukan pengecekan memakai Power Suplay.

6. Pengaturan Brightness

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya ialah dengan memanfaatkan pengaturan Brightness. Cara ini sanggup membantu kau untuk mengetahui apabila ada kerusakan screen bleeding pada HP Xiaomi mu. Screen bleeding itu ialah kebocoran layar, jadi panel yang ada di dalam layar HP mengalami kerusakan. Tanda adanya terjadinya screen bleeding ialah adanya titik cahaya dari depan layar HP, tapi itu tidak terlalu terlihat.

Karena itu, kau sanggup memakai pengaturan brightness layar untuk melihat apakah layar HP Xiaomi mu mengalami screen bleeding atau tidak. Ok ! pertama, kau harus membuka gambar berwaran solid hitam atau putih, kemudian atur brightness pada tingkat maksimal. Ketika itulah akan terlihat terang jikalau layar HP mu bermasalah.

7. Aplikasi Pihak Ketiga

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya masih bekerjasama dengan screen bleeding, kali ini kau akan sanggup mengetahui apakah terjadi screen bleeding pada HP Xiaomi mu dengan memakai aplikasi pihak ketiga yang sanggup kau unduh di Play Store.  Banyak aplikasi yang mempunyai fungsi untuk itu, tapi disini kau sarankan untuk memakai Screen Test dari Amberfog. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Screen Test dari Amberfog di Play Store, memasangnya di HP Xiaomi mu kemudian tinggal jalankan dan ikuti intruksinya.

8. Kode

Masih bekerjasama dengan pengecekan kerusakan pada layar HP Xiaomi mu, kali ini kita tidak hanya akan mengecek apakah terjadi screen bleeding pada layar tetapi juga mengecek kerusakan lainnya yang mungkin terjadi pada layar HP Xiaomi. Untuk caranya, kau hanya perlu membuka aplikasi Telepon kemudian buka dial pad, disana ketikkan instruksi ####1111# atau *#*#0*#*#* secara otomatis akan muncul banyak pilihan item untuk di cek, kau hanya perlu menentukan satu atau semuanya jikalau ingin mengecek semuanya.

9. Kode Lain

Untuk cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya, kita masih memakai kode. Seperti biasa, silahkan kanal aplikasi Telepon kemudian beralih ke dialpad dan ketikan instruksi *#*#4636#*#* kemudian klik tombol call). Setelah itu HP Xiaomi mu akan masuk ke sajian tersembunyi, disana terdapat beberapa informasi, diantaranya Phone Information untuk setiap SIM Card yang digunakan, Battery Information dan lainnya.

Makara kau tinggal menentukan mana yang ingin kau ketahui kondisinya, katakanlah disini kau menentukan opsi Battery Information. Ketika kau menentukan itu secara otomatis akan ditampilkan informasi kondisi baterai, jikalau disana tertulis kata Good maka itu artinya kondisi baterai HP manis atau sehat.
Baca juga:
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
20 Gadget Xiaomi Canggih Selain HP 2019
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

10. QC Test

 cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model 10 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model yang terakhir ialah dengan memakai QC Test. Kamu tidak perlu mendownload QC Test ini, alasannya ialah QC Test ini sudah ada di HP cuma kau tidak menyadarinya saja. Untuk mengakses QC Test kau hanya perlu menekan tombol dial *#*#6484#*#* , secara otomatis akan muncul sekitar 35 menu. Menu – sajian tersebut ialah sajian untuk pengecekan, kau tinggal menentukan satu sajian untuk melaksanakan pengecekan atau jikalau kau mau, kau sanggup mengecek semuanya secara otomatis.

Caranya, buka pengecekan nomor satu dahulu kemudian ikuti langkah selanjutnya hingga pengecekan berakhir. Perlu diperhatikan, saat pengecekan berlangsung kau harus membaca intruksi pada layar sebelah atas dengan seksama. Lakukan intruksi saat kau sudah paham, supaya mendapat hasil maksimal.

Itulah cara – cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model yang sanggup kau lakukan sendiri dirumah, diantara cara – cara pengecekan diatas, ada cara yang sanggup menjadi cara cek Xiaomi orisinil dengan kode, cara cek sensor HP Xiaomi dengan mode engineering, juga cara cek spek HP Xiaomi. Setelah ini, kau akan mengetahui sendiri kondisi HP Xiaomi mu. Have a fun testing !