3 Cara Mengembalikan File Whatsapp Yang Terhapus

dlishdessert.com – Inilah cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus. Dengan munculnya banyak sekali aplikasi perpesanan menyerupai Whatsapp, fitur pesan SMS secara perlahan memudar dan menjadi terlupakan. Bukan tanpa alasan, hal itu disebabkan juga oleh fitur – fitur WhatsApp yang lebih baik dibandingkan SMS. Dengan WhatsApp pengguna sanggup berkirim banyak sekali macam file menyerupai dokumen, suara, dan lainnya dengan cepat juga mudah.

Ada satu lagi yang menjadi keunggulan dari aplikasi WhatsApp ini, yaitu dikala kau tidak sengaja menghapus file dari WhatsApp, kau masih sanggup mengembalikannya loh gengs ! Ingin tau cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus ? simak panduan lengkapnya berikut ini.

 Inilah cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus 3  Cara Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Cara Mengembalikan File WhatsApp Yang Terhapus

1. Google Drive

Ketika pertama membuka Whatsapp, aplikasi ini akan menyarankan untuk mengaktifkan pencadangan data ke Google Drive cloud. Karenanya, cara paling sederhana dan terperinci untuk mengembalikan file whatsapp yang terhapus ialah mengambilnya kembali dari file yang disimpan di Google Drive. Nah untuk memulihkan pesan atau file dari salinan cadangan Google Drive ialah dengan menginstal ulang Whatsapp kemudian buka dan masukan nomor telepon yang kau gunakan sebelumnya. Setelah itu pilih metode pemulihan di jendela “Pulihkan riwayat obrolan” dan klik tombol “Pulihkan“.

Jika kau gagal mengembalikan file dengan cara ini, itu sanggup terjadi lantaran beberapa alasan menyerupai kau memakai akun Google yang berbeda bukan yang dipakai sebelumnya di Whatsapp, atau  kau memasukan nomor telepon yang sebelumnya tidak dipakai di WhatsApp, atau kartu memori rusak atau mungkin juga lantaran tidak ada file cadangan pada kartu memori.

2. Memulihkan dari file lokal

Jika kau tidak menghubungkan akun Google Drive ke Whatsapp, ada cara lain untuk mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yaitu dengan memulihkannya dari file lokal. File dari WhatsApp itu gotong royong dicadangkan atau disimpan di /sdcard/WhatsApp/ jadi untuk mengembalikan file – file terhapus itu, silahkan ikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Instal pengelola file, misalnya, ES Explorer atau TotalCMD.
  • Buka folder sdcard / WhatsApp / Database. Jika tidak ada, coba periksa Penyimpanan Telepon / WhatsApp / Database.
  • Pilih file yang ingin kau pulihkan dari daftar (formatnya harus msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12). Ubah nama menjadi msgstore.db.crypt12.

3. Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

Baca juga:
7 Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul & Bunyi
4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android
5 Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp

Jika cadangan disimpan di komputer, kau sanggup memakai perangkat lunak apa pun untuk mengembalikan file whatsapp yang dihapus. Contohnya ialah EaseUS Data Recovery Wizard. Secara teori cara ini mungkin dilakukan dengan opsi “pemindaian mendalam” dan peluang keberhasilannya akan lebih tinggi kalau file memang  masih ada dan waktu peniadaan belum lama. Caranya menyerupai ini,

  • Unduh EaseUS Data Recovery Wizard kemudian pilih disk daerah kau menyimpan cadangan,
  • Klik “Pindai” dan tunggu sampai selesai, setealh itu sortir file menurut jenisnya,
  • Klik tombol “Recover” untuk mengembalikan file – file.

Itulah cara – cara mengembalikan file WhatsApp yang terhapus yang sanggup kau coba. FYI, selain memakai aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard, kau juga sanggup memakai aplikasi lainnya menyerupai aplikasi SuperSU. Dan ingat ya, sehabis kau tidak sengaja menghapus file, hentikanlah aktifitas pada ponsel biar proses pengembalian berhasil.