2 Cara Mengaktifkan Google Play Protect Di Android

– Inilah panduan lengkap cara mengaktifkan google play protect di semua hp Android semoga smartphone semakin aman. Baru-baru ini google merilis sebuah fitur keamanan terbaru yang beberapa bulan kemudian sempat diperkenalkan di program Google I/O 2017 yaitu Google Play Protect. Dan pada juli lalu, goolge pun sudah membagikan fitur ini keberbagai perangkat Android di banyak sekali kepingan dunia. Lalu apa dan bagaimana cara kerja dari fitur Google Play Protect ini?

Google Play Protect yakni sebuah fitur keamanan terbaru dari sistem operasi Android. Google Play Protect terdiri dari sebuah paket yang menyatukan beberapa fitur keamanan usang dan beberapa fitur gres yang tujuannya yakni untuk melindungi perangkat pengguna Android termasuk smartphone dan tablet dari aplikasi berbahaya ataumalware. Lalu bagaimana cara mengaktifkan google play protect di android dan apakah dapat dipakai pada semua versi Android OS?

 di semua hp Android semoga smartphone semakin kondusif 2 Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Pada dasarnya Google Play Protect dapat dipakai pada semua sistem operasi Android yang minimal sudah memperbarui aplikasi Google Play Services versi 11.3. Namun alasannya yakni setiap pengguna mempunyai smartphone dengan brand dan type yang berbeda, maka jangan disama ratakan antara fitur ini di smartphone Anda dengan orang lain.

Cara kerja google play protect ialah akan memindai semua aplikasi yang telah terpasang di Android Anda secara realtime dan akan memperlihatkan notifikasi bila ada aplikasi berbahaya atau malware didalamnya. Tenang saja, google play protect akan aktif pada background sehingga kita tidak perlu melaksanakan scanning secara manual atau memerlukan aplikasi antivirus pihak ketiga. Cara mengaktifkan google play protect di Android yakni sebagai berikut.

1. Update Gooogle Play Services ke Versi 11.3

Sistem operasi apapun yang kau gunakan, alangkah baiknya bila selalu memakai layanan google play pada versi terbaru. Cara update google play service ini kadang menyulitkan pengguna alasannya yakni ketika kita cari di aplikasi Play Store memang tidak dapat ditemukan. Melainkan harus melalui pengaturan akun Google.

  • Buka “Settings » Google” kemudian tap opsi tiga titik disudut kanan atas dan tap “Help & Feedback.”
  • Selanjutnya tap lagi opsi disudut kanan tersebut dan tap “View in Google Play Store.”
  • Jika aplikasi Gooogle Play Services sudah terbuka di aplikasi Play Store, tap saja tombol update.
  • Selanjutnya periksa versi dari Google Play Service tersebut.

 di semua hp Android semoga smartphone semakin kondusif 2 Cara Mengaktifkan Google Play Protect di Android

Baca juga:

2. Mengaktifkan Google Play Protect

Cara memakai google play protect tentu saja harus diaktifkan terlebih dahulu. Dan bila kau sudah memperbarui aplikasi Google Play Service ke versi 11.3, maka ikuti langkah ini.

  • Buka “Settings » Google » Security.”
  • Selanjutnya tap “Google Play Protect.”
  • Terakhir geserkan tombol “Scan devices for security threats” hingga berwarna hijau dan aktif.
  • Selesai.

Cara mengaktifkan google play protect ini dapat kau terapkan pada Android Kitkat, Lollipop, Marsmallow dan Nougat. Dan seharusnya fitur ini dapat dipakai pada smartphone Samsung Galaxy, Xiaomi, Huawei, LG, OPPO, Vivo, Lenovo, Asus Zenfone, Sony Xperia dan yang lainnya.