5 Cara Mengatasi ‘Camera Failed’ Di Hp Samsung

– Panduan lengkap Cara Mengatasi ‘Camera Failed’ di HP Samsung Android semoga sanggup kembali digunakan. Smartphone Samsung Galaxy diluncurkan dari banyak seri dan banyak kelas mulai dari low-end, mid-range sampai high-end sekalipun. Tak peduli kelas manapun yang pengguna pakai, smartphone tidak akan lepas dari yang namanya error menyerupai muncul keterangan ‘Warning, Camera Failed”.

Peringatan menyerupai ini biasanya akan dialami oleh beberapa pengguna seri usang menyerupai galaxy young, galaxy mega, galaxy v, galaxy s5, galaxy grand prime dan yang lainnya. Namun tidak menutup kemungkinan, kamera dari seri terbaru pun menyerupai galaxy s6 dan A3 2017 sanggup saja mengalami hal yang serupa. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara memperbaiki ‘Camera Failed’ di smartphone samsung ini?

 Smartphone Samsung Galaxy diluncurkan dari banyak seri dan banyak kelas mulai dari low 5 Cara Mengatasi ‘Camera Failed’ di HP Samsung

Penyebab Peringatan Kamera Gagal di HP Samsung

Penyebab munculnya peringatan kamera gagal pada hp samsung, biasanya terjadi alasannya yakni beberapa faktor. Misalnya aplikasi kamera bawaan samsung tidak sanggup dibuka alasannya yakni Anda memasang aplikasi kamera pihak ketiga. Apapun aplikasi kamera yang Anda gunakan, mereka tetap memakai satu “hardware kamera” yang terpasang didalam smartphone. Tetapi hal lain pun sanggup saja menjadi penyebabnya.

Beberapa trik dan cara memperbaiki kamera android yang tidak berfungsi pun telah saya jelaskan namun belum secara spesifik membahas satu brand tertentu. Bahkan tak sekedar muncul keterangan ‘Camera Failed’ saja, pengguna pun mengalami aplikasi kamera tidak merespon atau muncul keterangan terjadi kesalahan server dan selalu meminta mulai ulang kamera.

Cara Mengatasi Camera Failed di Samsung Galaxy

Untuk memperbaiki kamera samsung galaxy android yang tidak berfungsi, Anda sanggup mengikuti beberapa langkah gampang ini.

1. Restart Smartphone

Sebelum saya menyarankan cara yang lebih jauh, sebaiknya Anda restart terlebih dahulu smartphone tersebut. Jika perlu, matikan perangkat kemudian lepaskan baterai, kartu memori eksternal sampai kartu SIM. Diamkan selama beberapa detik dan hidupkan kembali.

2. Hapus Data

Jika selalu muncul keterangan tidak sanggup terhubung ke kamera maupun yang lainnya, hapuslah data yang tersimpan didalam aplikasi kamera bawaan. Caranya tap “Settings » Manager Application » All”. Selanjutnya gulirkan kebawah dan cari aplikasi “Camera/Kamera”. Bukalah sampai masuk kedalam App Info kemudian tap tombol “Clear Data”.

3. Hapus Cache Partisi

Apabila Anda gres saja melaksanakan root maupun memasang custom ROM yang mengakibatkan kamera android tidak berfungsi maka cobalah untuk menghapus cache didalam partisi melalui recovery mode. Caranya matikan smartphone kemudian tekan kombinasi tombol “Volume Up, Home dan Power” secara bersamaan. Jika sudah masuk kedalam sajian recovery, arahkan ke opsi Wipe Cache Partition memakai tombol down kemudian tekan Home untuk menerapkannya. Hal ini dilakukan untuk menghapus cache dari semua aplikasi didalam smartphone tersebut.
Baca juga:

4. Pasang atau Hapus Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Jika ternyata aplikasi kamera bawaan tetap tidak berfungsi, maka Cara Mengatasi ‘Camera Failed’ ini yakni dengan menghapus atau memakai aplikasi kamera alternatif. Dalam artian kalau peringatan ini muncul sehabis Anda memasang aplikasi camera360 maka hapuslah aplikasi tersebut. Tetapi kalau ternyata Anda tidak memasang aplikasi lain, maka cobalah untuk memakai aplikasi Google Camera sebagai pengganti aplikasi kamera bawaan.

5. Factory Reset

Cara terakhir untuk memperbaiki peringatan kamera gagal pada hp samsung yakni dengan mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Pastikan Anda membackup data sebelum factory reset ke akun google semoga nanti gampang dikembalikan.  Cara factory reset sendiri sanggup dilakukan melalui “Settings » Backup and Reset”. Kemudian pilih sajian “Factory Reset” dan tekan tombol “OK”.

Perlu diingat saat menerapkan trik cara mengatasi camera failed diatas, Anda pun harus mengetahui konsekuensinya. Misalnya kalau menerapkan factory reset maka semua data Anda akan terhapus dari perangkat. Semoga Bermanfaat.