2 Cara Mengubah Default Aplikasi Android

Cara mengubah default aplikasi di Android sanggup Anda lakukan dengan beberapa langkah yang sangat mudah. Bagi seorang pemula, memahami preferensi dan pengaturan smartphone bersistem operasi Android akan sedikit resah dengan keterangan yang sering muncul saat ingin melaksanakan tindakan tertentu.Salah satunya sering muncul keterangan untuk menentukan aplikasi default dengan memperlihatkan dua opsi yakni ingin menggunakannya “Selalu” atau “Hanya Sekali” yang muncul pada layar.

Lalu kenapa hal ini sanggup terjadi dan bagaimana cara mengganti aplikasi default Android? Sebagai contoh, setiap smartphone Android sudah dibekali dengan aplikasi browser google chrome. Tetapi tak jarang kita akan memasang aplikasi browser dari pihak ketiga biar sanggup berselancar lebih cepat ibarat Firefox. Nah, saat kita ingin membuka link, maka Android akan meminta kita menentukan aplikasi manakah yang ingin dijadikan sebagai browser default alasannya yaitu ia telah mendeteksi 2 aplikasi browser dengan tujuan yang sama.

Cara mengubah default aplikasi di Android 2 Cara Mengubah Default Aplikasi Android

Cara Mengubah Pengaturan Default Aplikasi di Smartphone Android

Sebenarnya tak hanya pada browser saja. Hal ini pun akan terjadi saat kita memasang aplikasi untuk tujuan yang sama ibarat untuk membuka foto, video, file manager, kamera bahkan aplikasi edit foto sekalipun. Bagi Anda yang sudah terlanjur menentukan dan ingin tahu bagaimana cara menghapus default di android, berikut saya berikan dua opsi untuk melakukannya.

  1. 1. Mengganti Aplikasi Default Android Secara Inpidual.
    Untuk cara pertama ini, kita sanggup mengembalikan ulang secara inpidual dari kategori aplikasi itu sendiri. Yang artinya Anda sanggup menentukan untuk mengubah default aplikasi browser, galeri atau kamera satu persatu-satu. Sebagai pola saya ingin menghapus browser Firefox biar tidak otomatis terbuka saat ingin membuka link. Caranya tap Pengaturan » Aplikasi » kemudian pilih Firefox. Setelah muncul tampilan Info apl, gulirkan kebawah kemudian tap tombol “Hapus Default”.
  2. Reset Semua Default Aplikasi Android.
    Untuk cara kedua ini, Anda sanggup mengembalikan ke semua pengaturan default aplikasi di Android. Kaprikornus tak hanya satu kategori aplikasi saja yang akan dikembalikan. Caranya tap Pengaturan » Aplikasi kemudian tap icon tiga titik disudut atas kemudian tap “Setel Ulang Preferensi Aplikasi”.

Kesimpulannya, untuk mengganti atau mengubah aplikasi default di Android kita sanggup menentukan dua opsi. Yakni aplikasi menurut kategori atau meresetnya secara keseluruhan biar semua aplikasi default kembali ke pengaturan awal.
Baca juga: