5 Cara Mengatasi Video Patah-Patah Dan Macet Di Android

– Solusi jitu Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android dengan trik memperkecil ukurannya. Tak sedikit para pengguna smartphone Android yang mengalami persoalan ketika ingin menonton film dan video yakni video yang diputar tidak bisa berjalan dengan lancar. Seperti macet, lag, tidak mengeluarkan bunyi bahkan menciptakan smartphone itu sendiri merestart dengan sendirinya. Permasalahan menyerupai itu tentu saja mengakibatkan pertanyaan. Apa penyebab video-patah patah di Android?

Cara mengatasi video yang macet di android bisa dilakukan kalau kita mengetahui terlebih dahalu penyebabnya. Beberapa kemungkinan yang mengakibatkan video tidak bisa diputar yaitu alasannya yaitu ukuran video tersebut sangat tinggi. Bukan ukuran byte-nya, melainkan ukuran resolusi layar video tersebut melebihi kemampuan dari spec layar smartphone Anda. Seprti HD, Ultra HD bahkan 4K. Lalu bagaimana cara mengatasi video lag di android ini?

 Tak sedikit para pengguna smartphone Android yang mengalami persoalan ketika ingin menonton f 5 Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android

Penyebab Video Patah-patah dan Macet di Android

Penyebab lain yang mungkin terjadi bisa terdapat pada fomat video yang ingin kita tonton. Pastinya Anda sudah mengetahui kalau video bisa mempunyai banyak sekali jenis format yang berbeda menyerupai MP4, AVI, Mpeg dan lain-lain. Sementara aplikasi video player yang Anda gunakan tidak bisa membaca semua jenis format. Yang kesannya ketika diputar akan muncul error “Can’t play video”, “Sorry, this video cannot be played” atau “Tidak bisa diputar”.

Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android

 Tak sedikit para pengguna smartphone Android yang mengalami persoalan ketika ingin menonton f 5 Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android

Untuk mengatasi video yang tidak bisa diputar yang kesannya macet dan patah-patah, Anda bisa mengikuti beberapa solusi berikut ini.

1. Gunakan Aplikasi Video Player yang Mendukung.
Sebelum Anda melaksanakan hal apapun terhadap video, pasanglah aplikasi pemutar video yang mendukung terhadap format video yang akan Anda tonton. Sebagai rekomendasi, saya menyarankan aplikasi MX Player.

2. Ubah Format Video.
Seberapa besar ukuran video Anda? Ubahlah format video tersebut kalau masih patah-patah ketika diputar. Jika Anda ingin memutar video dengan resolusi tinggi menyerupai 4K tetapi spec smartphone tidak mendukung, ubahlah biar resolusinya kecil. Langkah ini akan menjadi salah satu cara mengatasi video lag di android.

3. Hapus Cache Smartphone.
Membersihkan file sampah dan riwayat akan menciptakan smartphone kembali higienis dari file-file yang sudah kadaluarsa termasuk yang menciptakan video menjadi macet ketika diputar. Gunakan aplikasi pembersih menyerupai Clean Master.
4. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda membersihkan cache, matikan perangkat Android lalu lepaskan baterai. Tunggu selama beberapa detik lalu pasangkan dan hidupkan kembali.
5. Gunakan MicroSD Class 10.
Sebagai contoh, kalau Anda ingin memutar video yang telah direkam memakai action cam menyerupai GoPro atau kamera DSLR, gunakanlah kartu microSD class sepuluh yang mempunyai kecepatan transfer tinggi. Hal ini juga bisa menjadi penyebab video patah-patah ketika diputar di smartphone.

Cara Mengatasi Video Patah-patah dan Macet di Android bisa dengan mengikuti solusi diatas. Cara yang paling efektif dan sering saya lakukan ketika hal ini terjadi yaitu dengan merubah format dan resolusinya. Tetapi, kalau ukurannya besar maka prosesnya pun cukup lama.
Baca juga: