5 Cara Mengatasi Proses Com.Google.Process.Gapps Telah Berhenti

– Solusi jitu Cara Mengatasi Sayangnya Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti di smartphone Android dan tablet dapat dilakukan dengan langkah berikut ini. Salah satu hambatan yang muncul pada ketika pengguna sedang melaksanakan tasking yakni munculnya kesalah menyerupai “Unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped”, “proses com.google.process.gapps terhenti”, sampai “force close”.

Kesalahan tersebut biasanya akan menjadikan kita keluar dari apikasi yang sedang digunakan. Aplikas-aplikasi yang mendapat error proses com.google.process.gapps telah berhenti ini hanya terjadi terhadap aplikasi bawaan dari google. Misalnya, Google Maps, Play Store, Gmail, YouTube Chrome, Penelusuran bunyi dan lain-lain. Lalu apa sebebanrnya yang mengakibatkan error ini sering muncul di smartphone Android Anda?

 di smartphone Android dan tablet dapat dilakukan dengan langkah berikut ini 5 Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Penyebab Proses com.google.process.gapps Terhenti

Pada dasarnya kesalahan atau error ini muncul pada sebuah pop-up di tampilan layar Android secara acak. Meskipun kita sedang tidak membuka aplikasi apapun, persoalan ini tetap saja ada. Penyebab dari sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti ini diakibatkan oleh rusaknya file yang ada didalam aplikasi-aplikasi google atau pada layanan tertentu. Cara memperbaiki unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped pun dapat dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini.

Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

Error ini akan muncul bukan disebabkan oleh spec smartphone. Melainkan oleh sistem Andoid itu sendiri. Makara kesalah ini dapat muncul pada brand smartphone apapun termasuk ASUS, Xiaomi, LG, Oppo, Samsung Galaxy, Lenovo, Smartfren Andromax, Nexus, Advan, Sony Xperia dan yang lainnya.

 di smartphone Android dan tablet dapat dilakukan dengan langkah berikut ini 5 Cara Mengatasi Proses com.google.process.gapps Telah Berhenti

1. Hapus Data Google Play Services.
Sumber utama yang biasanya menjadi penyebab error ini muncul biasanya terletak pada layanan google play service. Untuk itu, bersihkan aplikasi ini melalui Pengaturan » Manajer Aplikasi » Layanan Google Play. Tap “Paksa berhenti” dan tap “Kelola Ruang”. Selanjutny tap “Hapus Semua Data”.
2. Hapus Data Android System WebView.
Aplikasi Android System WebView yang sudah diperbarui, biasanya akan menjadikan kesalahan ini juga sering muncul. Bersihkan aplikasi tersebut dengan cara tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Android System Webview. Tap tombol “Paksa Berhenti” dan “Hapus Data”.
3. Uninstall Update dan Hapus Data Google Play Store.
Aplikasi Google Play store yakni aplikasi bawaan yang terpasang secara default. Ia pun dapat kita perbarui supaya versinya semakin meningkat. Tetapi sehabis diperbarui, beberapa pengguna justru sering mengalami error tesebut. Cara memperbaiki unfortunately the process com.google.process.gapps has stopped salah satunya yakni dengan mengembalikan aplikasi ini ke versi awal. Yakni dengan cara tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Google Play Store, tap tombol “Paksa Berhenti”, “Hapus Instalan Pembaruan” dan “Hapus Data”.
Baca juga:

4. Matikan Smartphone dan Reboot.
Setelah Anda melaksanakan cara-cara diatas, mastikan perangkat kemudian lepaskan baterai, kartu memori dan kartu SIM dari slot. Selanjutnya biarkan terlepas selama beberapa detik. Kemudian pasangkan dan hidupkan kembali.
5. Factory Reset.
Cara terakhir untuk mengatasi error sayangnya proses com.google.process.gapps telah berhenti yakni dengan melaksanakan factory reset. Tujuannya untuk memperbaiki kembali system Android yang rusak supaya kemabli ke pangaturan awal. Pastikan Anda melaksanakan backup sebelum melakukannya.

Kesimpulannya, ketika kesalahan dan error tersebut muncul, pengguna akan mengalami kesulitan dalam memakai aplikasi dari Google apps. Seperti ketika ingin mengirim email melalui gmail atau mendownload aplikasi dari play store. Dengan mengikuti langkah tersebut , maka smartphone Anda akan kembali berjalan dengan normal.
Baca juga: