Cara Mengunci Focus Kamera Android Ketika Merekam

– Cara mengunci focus kamera Android ketika merekam video, sanggup dilakukan dengan sangat mudah. Smartphone yang dibekali dengan fitur autofocus, sanggup menjadi suatu kelebihan tersendiri. Kita sebagai pengguna, sanggup mengambil foto dan video dengan hasil yang lebih baik. Tetapi tak jarang, ketika kita sedang merekam video, fitur autofocus ini sering kabur sehingga tidak focus pada objek yang kita inginkan.

Misalnya saja ketika kita ingin kamera fokus pada sebuah objek yang berada didepan, ternyata malah fokus pada background dengan sendirinya. Hal ini pun sering saya alami terutama ketika merekam video baik didalam ruangan maupun diluar ruangan. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Salah satu trik yang sering saya lakukan ialah dengan cara mengunci focus kamera Android.

 Cara mengunci focus kamera Android ketika merekam video Cara Mengunci Focus Kamera Android Saat Merekam

Cara Mengunci Focus Kamera Android Saat Merekam Video

Dalam proses merekam video memakai smartphone Android, kita sanggup memasang aplikasi kamera pihak ketiga semoga fitur dan tool yang dimilikinya lebih mumpuni. Tujuan dari merekam video dengan fitur focus, ialah untuk menghasilkan video yang cinematic melaui proses editing yang juga sanggup dilakukan di smartphone. Dalam pola kali ini, saya memakai smartphone samsung galaxy grand prime plus dan akan menjelaskan cara mengunci atau menonaktifkan auto focus kamera semoga hanya focus ke satu objek saja.

  1. Download aplikasi Open Camera dari Play store.
  2. Buka aplikasi tersebut lalu beralih ke mode merekam video.
  3. Tap tombol lingkaran putih disudut atas untuk menampilkan opsi.
  4. Selanjutnya pilih icon kunci gembok sampai muncul keterangan “Focus locked” pada tampilan layar.
  5. Terakhir tap sebuah objek pada layar lalu mulailah merekam.

Kesimpulannya, didalam aplikasi kamera bawaan smartphone biasanya sudah terdapat opsi focus yang sanggup kita atur secara manual. Tetapi tak jarang, meskipun sudah kita atur, focus tersebut tetap saja berpindah objek. Dengan menggunkan aplikasi Open Camera, maka Anda sanggup mengunci fokus kamera smartphone ketika merekam video dengan mudah.
Baca juga: