Cara Mengunci Aplikasi Di Android Lollipop (Sreen Pinning)

– Android Lollipop mempunyai banyak fitur dan kemampuan yang terbilang lebih canggih dari versi sebelumnya. Android OS yang mulai diluncurkan secara resmi pada bulan oktober kemudian ini sudah bisa kita rasakan dengan melaksanakan update ke versi ini. Memang pada beberapa produk Smartphone dan Tablet dari beberapa produsen anda masih harus menunggu untuk menerima giliran secara resmi. Beberapa produk yang sudah bisa mencicipi fitur dan kinerja gres dari Andorid 5.0 Lollipop yakni produk yang telah dibentuk oleh Google Nexus dan Motorolla.
Ada satu hal lagi yang menarik, Google telah menambah dan memperkenalkan fitur gres pada Android 5.0 Lollipo yang disebut dengan Sreen Pinning. Ini merupakan fitur yang sangat mempunyai kegunaan dan penting. Terutama bagi anda yang sering Smartphone dan Tablet nya dipakai oleh andak-anak atau dipinjam oleh teman. Bisa saja, hal ini untuk menghindari terjadinya salah tap terhadap fungsi dari aplikasi yang terpasang di Android Lollipop. Lalu apa sih screen pinning dalam artian yang sebenarnya?

Cara Menggunakan Sreen Pinning Di Android Lollipop

Screen Pinning bisa kita gunakan untuk melaksanakan “pin” terhadap semua jenis aplikasi atau game yang ingin kita kunci. Sebagai contoh, anak anda meminjam Tablet atau Smartphone yang biasa anda gunakan untuk bermain game. Disisi lain, anda khawatir bila ia akan membuka browser kemudian berselancar di internet. Dengan fitur Pin ini, maka anda bisa mengunci aplikasi atau game ibarat Andry Birds semoga beliau benar-benar hanya bermain game dan tidak merambah ke aplikasi lain didalamnya. Lalu bagaimana cara mengunci aplikasi dengan fitur ini?

  1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yakni mengaktifkan fitur ini. Tap Setting » Security » Screen Pinning kemudian tap semoga menjadi On. Hal lain yang perlu anda perhatikan, setiap produk entah itu dari Samsung, LG, Motorolla, Oppo, Asus dan yang lainnya menyimpan fitur Security dalam lokasi yang berbeda-beda. Tetapi pada pada dasarnya kita harus menemukan pengaturan Security.

     Android Lollipop mempunyai banyak fitur dan kemampuan yang terbilang lebih canggih dari ve Cara Mengunci Aplikasi Di Android Lollipop (Sreen Pinning)

  2. Setelah kita berhasi mengaktifkannya, saatnya kita mencari aplikasi yang ingin kita kunci. Ini merupakan hal penting, sebelum kita mengunci sebuah aplikasi atau game, pertama kita harus membuka game atau aplikasi tersebut terlebih dahulu. Sebagai pola bila anda ingin mengunci Goolgle chrome, buka aplikasi tersebut selama beberapa detik kemudian tutup. Selanjutnya kita menuju ke home screen kemudian tap tombol Recent maka disudut bawah pada aplikasi chrome tersebut akan muncul icon Pin. Tap icon tersebut maka nantinya akan muncul pop up ibarat gambar dibawah. Pilihannya kita bisa memakai PIN (angka) sebagai password atau cukup hanya melaksanakan tap pada tombol Start maka aplikasi tersebut akan terkunci dan hanya akan menampilkan aplikasi itu saja.

     Android Lollipop mempunyai banyak fitur dan kemampuan yang terbilang lebih canggih dari ve Cara Mengunci Aplikasi Di Android Lollipop (Sreen Pinning)

  3. Lalu bagaimana cara Unpin aplikasi tersebut? Setelah kita mengunci dan ingin mengembalikkan ke pengaturan sebelumnya caranya sangat mudah. Tap kemudian tahan tombol Back dan Recents secara bersamaan maka aplikasi yang tadinya terkunci dengan Screen Pinning akan kembali normal.

     Android Lollipop mempunyai banyak fitur dan kemampuan yang terbilang lebih canggih dari ve Cara Mengunci Aplikasi Di Android Lollipop (Sreen Pinning)

Baca juga :

Bagaimana gampang bukan? Itulah cara mengunci aplikasi dengan memakai Screen Pinning atau pin pada Tablet atau Smartphone yang sudah terpasang sistem operasi Android 5.0 Lollipop.