Cara Factory Reset Dan Reset Ulang Semua Brand Android

dlishdessert.com – Factory reset yaitu salah satu cara untuk mengembalikan tablet atau smartphone Android kembali ke pengaturan awal. Dimana ketika anda melaksanakan reset ulang hadphone android, maka dari mulai tampilan, data-data, file, aplikasi yang telah di download dan di instal dari play store akan terhapus. Begitu juga dengan akun Google itu sendiri akan ikut terhapus, sehingga hanya akan menyisakan bloat ware atau aplikasi bawaan dari pabrik. Cara factory reset tablet android sendiri sangatlah gampang untuk dilakukan. Namun memang ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan reset ulang handphone Androd ini.
Beberapa alasan kenapa hp Android harus direset ulang sanggup dikarenakan tablet Android anda tersebut menjadi lemot atau error alasannya yaitu sering install dan hapus aneka macam macam jenis aplikasi. Sehingga menyisakan banyak residual file yang tidak mempunyai kegunaan dan hanya menciptakan kinerja serta performa dari Android itu sendiri menjadi cepat habis baterai, sering restart, tidak sanggup dibuka, atau bahkan cepat mati. Jika anda sering mengalami hal semacam itu, dengan melaksanakan hard rest lah maka android anda akan kembali ibarat awal dan terasa mempunyai Android yang baru. Mungkin anda ingin menjual Android atau gres saja membeli Android bekas, tentu saja hal yang sangat penting sekali untuk melaksanakan factory reset semoga hp tersebut sepenuhnya dikostuimisasi oleh anda baik terhadap aplikasi maupun akun didalamnya.
Sebelum anda melaksanakan reset ulang, lakukan back up terlebih dahulu terhadap data dan file didalamnya. Hal ini sangat penting terutama bagi anda yang sebelumya hanya membackup secara offline dan tidak di backup secara otomatis melalui bak penyimpanan virtual ibarat pada cloud storage yaitu dropbox. Adapun cara backup sebelum reset ulang handphone android sanggup dilakukan secara manual yaitu dengan menyambungkan tablet Android dengan PC atau laptop mennggunakan kable USB. Lalu buat sebuah folder di PC dan pinsahkan semua file, data, dokumen, foto, video maupun musik yang sebelumnya disimpan di memori internal hp android Anda. Atau, anda sanggup memakai aplikasi pihak ketiga yang sanggup melaksanakan backup pribadi dari android dengan menggunakan ES File Explorer.
Setelah anda melaksanakan back up, saatnya untuk melaksanakan factory reset. Terdapat 2 cara untuk melaksanakan reset ulang hp android, kedua cara tersebut mempunyai tujuan yang sama yakni untuk mengembalikan Android ke tampilan gres atau awal. Perhatikan tutorial dan langkah dibawah ini.

1) Cara Factory Reset Semua Merk dan Jenis Android.
Banyak orang menciptakan tutorial cara factory reset untuk menghapus data. Namun ketika saya perhatikan, cara tersebut bukan cara untuk sepenuhnya menghapus semua data. Penemuan terbaru yang dilakukan oleh salah satu perusahaan Anti virus mengatakan. Factory reset tidak menghapus atau wife semua data. Jelas hal ini akan sangat tidak kondusif terutama bagi anda yang berniat menjual tablet atau handphone android alasannya yaitu data dan file tersebut ternyata sanggup dikembalikan atau di restore. Untuk itu saya akan tunjukkan cara yang benar bagaimana cara melaksanakan Factory Reset semoga data dan file anda benar-benar sepenuhnya terhapus secara permanen demi keamanan privasi anda.

Catatan : kalau anda tidak berniat menjual Android yang sedang dipakai, anda sanggup melaksanakan reset ulang dasar melalui tutorial cara menghapus dan mengganti akun google.

Android anda harus sedang dalam keadaan mengisis baterai. Agar proses ini tidak gagal alasannya yaitu biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

  • Buka atau tap Setting.
  • Pilih kemudian tap Security.
  • Selanjutnya pilih kemudian tap Encrypt Phone / Tablet.

     Factory reset yaitu salah satu cara untuk mengembalikan tablet atau smartphone Android k Cara Factory Reset dan Reset Ulang Semua Merk Android

Tunggu sekitar satu jam untuk proses enkripsi data pribadi anda. Perhatikan pada gambar diatas. Jika langkah diatas telah dilakukan, saatnya untuk melaksanakan Factory reset atau reset ulang untuk mengembalikan ke pengaturan awal atau pabrik. Caranya  :

  • Tap Setting.
  • Pilih kemudian tap Privacy.
  • Tap Factory data reset.
  • Tap reset Phone / Tablet.

2) Cara Factory Reset Android melalui boot Recovery Mode
Cara ini sanggup dilakukan bagi hp atau tablet Android yang tidak sanggup masuk atau terkunci. Seperti pada android yang terkunci pola atau PIN alasannya yaitu lockscreen pada tampilan home. Maka cara reset ulang android yang mati dengan cara masuk recory mode. Disini, akan saya coba perlihatkan pada hp Samsung.

  • Matikan tablet atau HP Android Anda.
  • Tahan / tekan tombol ‘Power + Volume Up + Home’ secara bersamaan.
  • Gunakan tombol ‘Volume Up / Down’ untuk memindahkan pilihan kemudian menuju ‘Wipe data/factory reset’, kemudian tekan tombol ‘Home’.

     Factory reset yaitu salah satu cara untuk mengembalikan tablet atau smartphone Android k Cara Factory Reset dan Reset Ulang Semua Merk Android

  • Arahkan ke Reboot kemudian tekan tombol Home.

Setiap brand dan type Android mempunyai kombinasi tombol yang berbeda untuk sanggup masuk ke recovery dan melaksanakan Factory reset. Untuk itu, silahkan lihat daftar lengkap tombol kombinasi semua brand tablet dan smartphone Android untuk masuk ke recovery mode pada tutorial Cara Masuk Recovery Mode Semua Tablet dan HP Android.
Jika anda bertanya manakah cara yang paling kondusif untuk factory reset atau reset ulang Android, berdasarkan saya jawabannya yaitu dengan memakai cara ke satu.